Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Line Sebar 8,6 Miliar Stiker di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2017, 09:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Line identik dengan stiker atau gambar dengan aneka tema yang bisa dikirimkan ke sesama pengguna. Fitur ini menjadi salah satu aspek terpopuler di kalangan pemakai Line. Tahun lalu saja, jumlah stiker yang dikirimkan oleh para pengguna Line di Indonesia mencapai kisaran 8,6 miliar.

Managing Director Line Indonesia Ongki Kurniawan menuturkan bahwa stiker berbayar menjadi salah satu penyumbang pendapatan terbesar bagi Line pada kuartal ketiga 2016 lalu.

"Dari penjualan stickers ini, kontribusi revenue mencapai 20 persen," ujar Ongki saat berbicara dalam acara Line Business Outlook 2017 di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Baca: Ini Pemenang Kompetisi Bikin Stiker Line

Selain stiker premium yang berbayar, Line juga menyediakan set stiker gratis yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengguna. Tahun lalu, ada 35 set stiker gratis yang diluncurkan di Indonesia dan mencatat angka unduhan lebih dari 88,3 juta kali.

Ongki menilai bahwa, selain menjadi ciri khas Line, stiker juga sesuai dengan misi Line menjadi penyedia layanan yang relevan dengan masyarakat lokal. Ini tercermin dari digandengnya kreator dan desainer Indonesia dalam merancang aneka stiker baru. Tema-tema stiker pun sebagian disesuaikan dengan topik yang hangat di kalangan netizen Tanah Air.

"Sukses awal Line itu awalnya memang berasal dari strategi sebagai locally relevant app. Waktu kita luncurkan stiker Syahrini dan Ramadan, misalnya, itu pengguna responsif sekali. Jadi, kami lanjutkan sampai sekarang," imbuh Ongki.

Ke depan, Line ingin ingin terus menggandeng para kreator lokal dalam menyediakan aneka konten di layanannya. Pada November 2016 lalu, perusahaan pesan instan yang berbasis di Jepang ini turut menggelar event bernama Line Creativate 2016 sebagai ajang kompetisi para kreator dalam membikin stiker, kartun (Line Webtoon), dan games. Kompetisi serupa rencananya akan kembali digelar tahun ini.

Line turut menyediakan Creators Market sebagai wadah bagi para kreator dan pengguna untuk membuat dan menjual hasil karya, baik dalam bentuk stiker maupun tema. Karya yang dijual bisa dilihat oleh para pengguna Line di seluruh dunia. Saat ini terdapat sekitar 3.800 ribu stiker buatan kreator Indonesia yang dipajang di Line Creators Market.

Baca: Line Ikut Bantu Perangi Berita Hoax

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com