Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Terkaya Akhirnya Minta Maaf

Kompas.com - 18/02/2017, 16:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - YouTuber kondang, Felix Kjellberg alias PewDiePie akhirnya resmi mengunggah video permintaan maaf atas pernyataannya rasis yang dia lontarkan. Dia juga mengakui bahwa tindakannya tidak pantas dilakukan dan sudah kelewat batas.

“Saya minta maaf atas kata-kata yang saya gunakan. Saya tahu kata-kata itu telah menyinggung orang dan saya akui bahwa candaan itu sudah kelewat batas,” ujarnya.

Sebagaimana seorang YouTuber, PewDiePie pun mengunggah permintaan maaf resmi itu dalam bentuk video berjudul “My Response” di YouTube. Durasinya cukup panjang, sekitar 11 menit. Isinya memang bukan sekadar permintaan maaf saja, tapi keluhan dan ada juga komentar yang menyalahkan pihak lain.

Keluhan dan lontaran kesalahan itu, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (18/2/2017), dialamatkan kepada berbagai media yang memuat lelucon kasar PewDiePie. Media yang paling salah, menurut PewDiePie, adalah The Wall Street Journal.

“Mereka tidak menyebut itu sebagai candaan. Mereka menyebutkan sebuah konten. Maksud saya adalah para media kehilangan konteks dari setiap ucapan saya,” ujar PewDiePie.

“Mereka mengambil ucapan itu dan membuatnya kehilangan konteks untuk menyerang saya dan menggambarkan saya sebagai Nazi,” imbuhnya.

Lengkapnya, Anda bisa menyaksikan video permintaan maaf PewDiePie itu di bawah ini atau dengan klik tautan berikut ini.


Sebelumnya, selama 6 bulan belakangan ini PewDiePie mengunggah 9 video kontroversial ke YouTube. Video terakhir yang dia unggah bertanggal 11 Januari 2017 menunjukkan dirinya sedang mengomentari video yang menunjukkan dua lelaki tanpa busana memegang lembaran berisi tulisan “Matilah semua kaum Yahudi”.

Kontroversi video itu kemudian berbuntut panjang. PewDiePie dianggap melakukan propaganda anti-Yahudi dan pro gerakan ekstrimis Nazi akibat video-videonya itu. Disney yang selama ini menjalin kerja sama dengannya memutus kontrak secara sepihak.

Selain itu, Google juga memutuskan untuk menarik iklan-iklannya dari video kontroversial tersebut dalam selang waktu beberapa hari setelah PewDiePie mengunggahnya. Kini PewDiePie sendiri telah menghapus seluruh video bertema anti-Yahudi yang diunggahnya.

Baca: YouTuber Terkaya Dipecat karena Dinilai Anti-Yahudi dan Pro Nazi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com