Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga AMD Ryzen 7 Mulai Dijual Maret 2017

Kompas.com - 24/02/2017, 07:54 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Advanced Micro Devices (AMD) mengumumkan prosesor terbarunya, Ryzen 7 yang terdiri atas tiga tipe. Rencananya, AMD akan menjual ketiga model prosesor tersebut mulai bulan depan.

“Mulai 22 Februari 2017, rekan retailer kami di seluruh dunia sudah membuka pemesanan Ryzen. Sedangkan penjualannya sendiri akan dimulai pada 2 Maret 2017 di seluruh dunia,” terang CEO and President AMD, Lisa Su, dalam acara Ryzen Tech Days, di San Francisco, Selasa (21/2/2017) lalu.

“Pada 2 Maret nanti kami akan langsung sediakan banyak. Mungkin bisa sold out, tapi itu bukan karena kami menyediakan sedikit stok,” imbuhnya.

Tiga tipe Ryzen 7 yang sudah bisa dipesan itu adalah 1800x, 1700x dan 1700. Dari ketiganya, tipe yang paling unggul di seri Ryzen 7 adalah 1800x dengan prosesor 8 core dan 16 thread.

Tipe 1800x tersebut dapat berlari di base clock 3,6 GHz dengan thermal design power (TDP) 95 watt. Jika pengguna membutuhkannya, clock-nya itu masih bisa ditingkatkan.

AMD membekalinya dengan mode Boost yang bisa meningkatkan kecepatan clock hingga maksimal 4 GHz. Namun pengguna yang biasa melakukan overclocking juga bisa menaikkannya lebih tinggi.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com AMD Ryzen 7 1800x bisa didongkrak hingga mencapai kecepatan 5,1 Ghz melalui metode overclocking tertentu
Dalam workshop yang dilakukan di sela-sela Ryzen Tech Days, AMD menunjukkan bahwa overclocking bisa meningkatkan kecepatan prosesor ini hingga 5,1 GHz.

Namun perlu dicatat bahwa salah satu konfigurasi yang diterapkan untuk mencapai kecepatan tersebut adalah pemakaian nitrogen cair untuk mendinginkan suhu prosesor hingga -190 derajat celcius.

Belum diketahui berapa hasil yang bisa diperoleh jika pengguna melakukan overclocking hanya dengan dukungan pendingin berbasis udara atau air cooling.

Selain itu, ada Ryzen 7 1700x yang merupakan nomer dua dalam seri ini. Base clock tipe 1700x adalah 3,4 GHz dan bisa di-Boost hingga 3,8 GHz. Tipe ini memiliki TDP 95 watt.

Terakhir adalah Ryzen 7 1700 yang merupakan tipe bungsu dari ketiga prosesor tersebut. Tipe 1700 ini sama-sama memiliki inti pemrosesan 8 core, memiliki thread dan kecepatan dasar lebih kecil, namun tetap bisa diandalkan dari sisi kinerja.

“Tipe 1700 ini kami buat dengan harapan bisa memberikan prosesor 8 core yang bisa dijangkau semua orang. Kemampuannya bahkan bisa mengalahkan Intel Kaby Lake 7700K,” ujar Lisa.

Ryzen 7 1700 memiliki base clock 3 GHz dan bisa di-Boost hingga mencapai maksimal 3,7 GHz. TDP prosesor ini hanya 65 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com