Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan Prosesor "High-end" Pesaing Snapdragon 835

Kompas.com - 24/02/2017, 13:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com — Semakin mendekati waktu peluncuran Galaxy S8 yang diprediksi pada awal April, semakin banyak pula informasi mengenai perangkat tersebut yang terungkap.

Pekan ini, Samsung mengumumkan mobile chip terbarunya, Exynos 9 Series 8895, yang bakal tertanam di ponsel flagship itu.

Exynos 8895 merupakan chip pertama dari Samsung yang dipabrikasi menggunakan proses FinFET 10 nanometer. Ia diposisikan di kelas atas sehingga digadang-gadang menjadi pesaing chipset kelas atas dari Qualcomm, Snapdragon 835.

Samsung mengklaim, proses 10nm mampu menghasilkan peningkatan performa sebesar 27 persen dan penghematan daya sebesar 40 persen dibanding proses 14 nm sebelumnya.

Di dalam Exynos 8895 tertanam delapan inti GPU yang terdiri dari empat core Mongoose generasi kedua bikinan Samsung dan empat core Cortex-A53.

Pengolah grafis alias GPU yang digunakan adalah Mali-G71 yang diklaim memiliki kinerja 60 persen lebih tinggi dibandingkan produk sebelumnya. Dengan kemampuan ini, chip bisa menghadirkan pengalaman virtual reality (VR) yang mulus.

GPU ini juga mampu melakukan perekaman dan playback video 4K dengan frame rate mencapai 120 FPS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (24/2/2017).

Supaya kompetitif dengan Snapdragon 835 yang bakal menjadi lawan setanding di papan atas, Samsung turut membekali Exynos 8895 dengan modem LTE-Advanced berkecepatan 1 GBps dengan 5 Carrier Agregation (Cat.16).

Selain di Galaxy S8, Exynos 8895 diduga akan turut hadir di "kembaran" ponsel tersebut, Galaxy S8+.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com