Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Asisten Digital” Google Bisa Dijajal di Dua Tipe Android Ini

Kompas.com - 28/02/2017, 17:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear


KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan dalam konferensi Google I/O 2016 lalu, teknologi asisten pribadi digital, Google Assistant hanya tersedia secara terbatas, yaitu di Google Home, Google Allo, Android Wear, dan smartphone Google Pixel.

Tapi kini tidak lagi. Pekan ini, Google mulai menyalurkan Assistant ke dua model smartphone lain, yakni yang menjalankan OS Android versi 7.0 (Nougat) dan versi 6.0 (Marshmallow), serta memiliki Google Play Services.

Namun tak semua smartphone dengan OS Marshmallow dan Nougat bisa menjalankan Assistant. Syaratnya, smartphone yang bersangkutan mesti memiliki kapasitas RAM setidaknya 1,5 GB dan resolusi layar minimal 720p (1.280 x 720 piksel).

Keterangan di dalam sebuah posting pengumuman Google tidak merinci kapan persisnya Assistant akan hadir di tiap perangkat Android 7.0 dan 6.0.

Namun, disebutkan bahwa teknologi asisten pribadi itu akan lebih dulu menyapa pengguna berbahasa Inggris di daerah Amerika Serikat, Australia, Kanada dan Inggris. Para pengguna di daerah lain akan menyusul.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Selasa (27/2/2017), LG G6 yang baru saja diumumkan di Mobile World Congress 2017 adalah ponsel pertama dari pihak ketiga (di luar Google Pixel) yang datang dengan Google Assistant dari pabrik.

Seperti Google Now, Google Assistant bisa menyajikan aneka macam informasi yang diminta pengguna, seperti informasi cuaca, peta, jadwal penerbangan, hingga menyalakan lampu rumah dengan perintah suara

Bedanya, Assistant tak hanya mampu menerima perintah, tapi juga bisa berkomunikasi dua arah dengan pengguna, karena dibekali teknologi pengenalan bahasa.

Di ponsel yang sudah memiliki Google Assistant, sang asisten prbadi ini dapat dipanggil dengan mengucap “OK, Google” atau menekan dan menahan tombol home beberapa saat.

Baca: Samsung Bixby, Asisten Digital Pesaing Siri Hadir di Galaxy S8?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com