Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surge S1, Prosesor Ponsel Perdana Buatan Xiaomi

Kompas.com - 01/03/2017, 11:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya secara resmi mengumumkan prosesor buatannya sendiri yang diberi nama Surge S1. Prosesor perdana ini akan dipakai sebagai otak pemrosesan di smartphone terbaru mereka, Mi 5c.

Prosesor Surge S1 tersebut dibuat menggunakan arsitektur big.LITTLE milik ARM dan empat CPU Cortex A53 yang masing-masing bisa bekerja dalam kecepatan 1,4 GHz.

Dengan desain tersebut, prosesor buatan Xiaomi ini total memiliki delapan otak pemrosesan ditambah unit pemrosesan grafis Mali T-860 MP4.

Unit pemrosesan grafis tersebut diklaim lebih hemat energi hingga 40 persen jika dibandingkan dengan unit Mali generasi sebelumnya. Selain itu, prosesor ini juga dibekali dengan unit digital signal processing (DSP) yang mendukung VoLTE.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (1/3/2017), Xiaomi juga mengungkap bahwa prosesor ini akan disematkan pada smartphone Mi 5c. Ini merupakan smartphone mutakhir mereka yang mengusung layar 5,15 inci (1600x2560 piksel) dan dibanderol terjangkau.

Selain soal layar dan prosesor, saat ini diketahui bahwa Xiaomi Mi 5c itu bakal memiliki RAM 3 GB, memori penyimpanan internal 64 GB, kamera utama 12 megapiksel, kemampuan pengisian daya super cepat, serta ketebalan 7,09 milimeter.

Rencananya, Xiaomi akan mulai menjual Mi 5c pada 3 Maret 2017 di China. Harganya dibanderol 218 dollar AS atau sekitar Rp 2,9 juta. Belum diketahui apakah Xiaomi akan merilis ponsel ini di Indonesia atau negara lain.

Baca: Perjuangan dan Optimisme Xiaomi Comeback ke Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com