Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Andalkan

Kapal Ini Karam gara-gara Berlayar Andalkan iPad

Kompas.com - 03/03/2017, 14:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Hanya karena mampu melakukan beragam hal dengan aplikasi, bukan perarti perangkat mobile pintar macam tablet cocok digunakan untuk semua situasi.

Seorang kapten kapal bernama David Carlin di Inggris mendapat pelajaran berharga tentang hal tersebut. Carlin mencoba berlayar dengan hanya mengandalkan tablet iPad sebagai alat navigasi, Mei 2016.

Kapal yang dibawanya, Peggoty, adalah kapal berbahan kayu dari zaman Perang Dunia II yang tak dilengkapi alat navigasi. Bahkan sekadar kompas sekalipun tidak ada. Carlin beniat menjual Peggoty dan ingin menjajalnya sebelum dilego. Ia pun memutuskan memakai aplikasi kompas di iPad untuk alat navigasi.

iPad yang dipakai untuk navigasi adalah milik seorang penumpang kapal yang juga seorang mantan kapten kapal penyelamat. Sementara, Carlin sendiri adalah kapten anggota Associated British Ports.

Apesnya, ketika melintas di jalur Huber Estuary, pantai timur Inggris, iPad yang ia pakai kehilangan sinyal WiFi, sehingga tidak bisa berfungsi. Kapal pun tersesat di tengah laut yang ketika itu diselimuti kabut.

Ujungnya, Peggoty menabrak kapal feri kargo bernama Petunia Seaway. Peggoty mulai tenggelam karena kerusakan yang timbul sehingga Kapten Carlin dan penumpang terpaksa menyelamatkan diri dengan naik sekoci.

Carlin pun diskors dari pekerjaannya meski sebenarnya saat kejadian sedang tak bertugas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (2/3/2017).

Akan halnya Petunia Seaway, kapal tersebut tak mengalami kerusakan karena ukurannya jauh lebih besar, mencapai 1.400 kali Peggoty yang panjangnya cuma 15 meter.

Saking tak merasa tabrakan, kapten kapal Petunia Seaway melanjutkan perjalanan ke tujuan di Gothenburg, Swedia, selagi Peggoty tenggelam.

Baca: Alat Musik Gamelan Bisa Dimainkan dari iPad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com