Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batasan "Attachment" Gmail Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 04/03/2017, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Layanan Gmail besutan Google selama ini membatasi ukuran file attachment yang bisa diterima lewat e-mail maksimal sebesar 25 megabyte.

Belakangan, raksasa internet tersebut diketahui meningkatkan batasan itu hingga menjadi dua kali lipat lebih besar.

“Mulai hari ini (1 Maret 2017), Anda akan bisa menerima e-mail berukuran hingga 50 megabyte secara langsung,” tulis Google dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.

Meski demikian, peningkatan batas ukuran file attachment dimaksud hanya berlaku untuk e-mail masuk saja (incoming mail).

Batas attachment yang bisa dikirim lewat Gmail tetap bertahan di angka 25 megabyte seperti sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Sabtu (4/3/2017).

Artinya, pengguna mesti menggunakan provider e-mail lain yang apabila ingin mengirim attachment berukuran lebih dari 25 megabyte.

“Batasan ukuran file yang dikirim tetap 25 megabyte. Anda bisa juga memakai Google Drive untuk mengirim attachment yang lebih besar,” lanjut Google.

Google Drive mendukung ukuran file hingga 5 terabyte. Layanan ini akan otomatis digunakan saat pengguna Gmail ingin mengirim attachment berukuran lebih dari 25 megabyte.

Perlu ditambahkan bahwa batasan 25 megabyte dan 50 megabyte untuk incoming mail berlaku untuk ukuran total dari seluruh file attachment dalam sebuah e-mail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com