Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ada Komodo di Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 06/03/2017, 07:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, tanggal 6 Maret 2017, Taman Nasional Komodo yang berlokasi di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores genap berusia 37 tahun.

Google ikut serta merayakan ulang tahun Taman Nasional Komodo dengan merilis sebuah doodle unik berisi kuis yang menghibur sekaligus informatif.

Doodle menampilkan gambar kartun komodo yang sedang tidur. Ketika diklik, sebuah animasi akan mengantarkan ke permulaan kuis.

"Seberapa banyak yang Anda tahu tentang komodo?" ujar Google. Kemudian, pertanyaan-pertanyaan akan mulai bergulir untuk menguji pengetahuan pengguna.

Kuis singkat dengan tipe jawaban "true or false" ini berisi lima pertanyaan seputar komodo. Skor pengguna akan ditampilkan usai pertanyaan terakhir.

Setelah itu, pengguna diajak untuk menelusuri informasi lebih jauh mengenai komodo.

Ada sejumlah pertanyaan lanjutan yang dberikan untuk menggelitik rasa penasaran, seperti "Berapa cepat komodo dapat berlari?" dan "Berapa berat komodo?".

Google Bagain akhir doodle mengajak pengguna untuk menelusuri informasi lebih jauh mengenai Komodo.

Saat diklik, pengguna akan dibawa ke laman hasil Google search berisi jawaban dari pertanyaan terkait.

Kawasan Taman Nasional Komodo sendiri ditetapkan pada 1980. Luasnya 173.300 hektar serta meliputi daratan dan lautan dengan lima pulau utama, yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, dan Nusa Kode.

Komodo di Taman Nasional hanya berjumlah sekitar 3.000 ekor sehingga berstatus rentan punah. Habitatnya tersebar di empat pulau besar di Taman Nasional Komodo, kecuali Pulau Padar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com