Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakses Internet, Lebih Banyak Android atau Windows?

Kompas.com - 09/03/2017, 19:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Windows sudah lama terkenal sebagai rajanya sistem operasi, karena tingkat adopsi yang sangat tinggi. Tetapi belakangan ini, tahta tersebut mulai terusik.

Pengusiknya adalah Android, yakni sistem operasi smartphone buatan Google yang saat ini semakin populer dan dipakai oleh banyak orang.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari Mashable, Rabu (8/3/2017), situs analitik StatCounter mengungkap rincian data mengenai jumlah pengguna masing-masing sistem operasi tersebut saat online.

Android, menurut StatCounter, meraup pangsa pasar 37,4 persen dari semua orang yang terhubung ke internet per Februari 2017. Sedangkan Windows, mendapatkan 38,6 persen dari jumlah orang yang terhubung ke internet di waktu yang sama.

Artinya, hanya terpaut 1,2 persen saja antara statistik Android dengan Windows. Sedangkan di posisi ketiga terdapat iOS buatan Apple yang meraih pangsa pasar 12,99 persen dari pengakses internet.

"Padahal lima tahun lalu, tak ada yang memikirkan bahwa Android sudah hampir melampaui Windows," komentar CEO StatCounter Aodhan Cullen.

Cullen berpendapat, situasi ini terjadi akibat pertumbuhan pasar smartphone dan tablet di seluruh dunia. Terutama yang terjadi di negara berkembang.

Sekadar diketahui, statistik StatCounter mengukur pangsa pasar sistem operasi berdasarkan penggunaan internet. Perusahaan ini tidak memperhitungkan total pengapalan sebuah perangkat.

Baca: iPhone Lebih Stabil dari Android, Benarkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com