Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bikin Aplikasi VR untuk Samsung

Kompas.com - 10/03/2017, 16:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook semakin serius menciptakan ekosistem realitas virtual alias virtual reality (VR). Setelah mengakuisisi Oculus dan bekerja sama dengan Samsung dalam pengembangan Gear VR, kini Facebook pun menciptakan aplikasi khusus konten VR.

Dinamai "Facebook 360", aplikasi itu masih eksklusif untuk pengguna Samsung Gear VR, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (10/3/2017) dari newsroom fb.

Tujuan dari aplikasi itu untuk mempermudah pengguna Gear VR dalam mengeksplor foto-foto dan video 360 derajat. Antarmuka aplikasi pun lebih ramah dalam format VR sehingga penjajalannya semakin mumpuni.

Tak kurang dari 25 juta konten foto dan 1 juta konten video berformat 360 derajat yang tersemat pada Facebook 360. Intinya, aplikasi itu adalah one-stop untuk menemukan berbagai konten VR.

Sebagai awal peluncurannya, Facebook 360 punya empat fitur utama. Pertama ada Explore untuk mencari konten 360 yang populer dari organisasi media, lembaga tertentu, atau kreator individual.

Lantas ada Following, di mana pengguna bisa melihat konten 360 yang diunggah teman di Facebook maupun Pages yang diikuti. Ada pula Saved yang berguna ketika pengguna hendak menyimpan konten tertentu yang disukai.

Terakhir ada Timeline, di mana pengguna bisa mengunggah konten 360 ciptaan sendiri. Ini bisa menjadi wadah penyimpanan memori untuk foto atau video VR.

Facebook 360 bisa diunduh dengan mencarinya di aplikasi Oculus pada Gear VR atau mengunjungi situs Oculus di sini.

Baca: Facebook Bangun Lab Hardware, Kembangkan Drone dan VR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com