Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ikon "Jempol ke Bawah" di Facebook Messenger

Kompas.com - 24/03/2017, 09:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dalam update terbaru untuk aplikasi pesan instan Messenger, Facebook menambahkan tombol reaksi, layaknya di layanan jejaring sosial itu.

Yang menarik, salah satu tombol reaksi itu adalah logo jempol ke bawah. Tombol ini tidak tersedia di layanan jejaring sosial Facebook, tetapi khusus di aplikasi Messenger saja. Pengguna harus meng-update aplikasi Messenger untuk bisa menggunakan fitur ini.

Banyak yang mengartikan tombol jempol ke bawah itu sebagai  tombol "Dislike". Meski demikian, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/3/2017), Facebook menyebutnya sebagai tombol reaksi "No" alih-alih "Dislike".

Menurut Facebook, tombol jempol ke bawah itu dibuat untuk mempermudah pengguna dalam memberi jawaban atas rencana atau ide yang diajukan oleh orang lain dalam sebuah percakapan.

Bocoran tombol reaksi berlogo jempol ke bawah ini sudah mulai ramai dibicarakan sejak awal Maret ini. Banyak yang menyebutnya sebagai cikal bakal tombol "Dislike" di layanan Facebook.

Namun ternyata, tombol jempol ke bawah ini dihadirkan Facebook ke layanan pesan instan Messenger. Facebook memiliki alasan tersendiri mengapa tidak ada tombol Dislike di layanannya.

Baca: Mengapa Tak Ada Ikon ?Jempol ke Bawah? di Facebook?

Selain jempol ke bawah, tombol reaksi lain yang tersedia serupa dengan fitur di jejaring sosial, yakni love yang dimodifikasi, laugh, wow, sad, angry, dan like (jempol ke atas).

Selain fitur tombol Reaction, Facebook juga menghadirkan fitur Mention atau mencolek teman di grup percakapan Messenger.

Fungsi dan cara kerjanya sama dengan fitur Mention di WhatsApp, yakni dengan mencantumkan logo @ di depan nama kontak yang diinginkan, tanpa spasi.

Saat tombol @ ditekan, deretan nama yang ada dalam kontak grup percakapan akan dimunculkan, pengguna tinggal memilih siapa yang ingin dicolek.

Baca: WhatsApp Akan Kedatangan Fitur Colek Teman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com