Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7 Tak Punya Colokan Earphone dan Tombol "Home", Ini Alasannya

Kompas.com - 24/03/2017, 16:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang kini bisa dipesan secara resmi di Indonesia, tak memiliki jack audio 3,5 mm ataupun tombol fisik "home".

Earphone baru untuk iPhone 7 (bernama EarPods) kini tertancap langsung ke konektor Lighting yang juga digunakan untuk mengisi baterai dan mentransfer data. Terdapat adapter jack audio 3,5mm ke port Lightning turut disertakan dalam paket penjualan untuk menancapkan earphone lama ke iPhone 7.

Adapun tombol fisik “home” tradisional kini digeser oleh jenis tombol baru yang bersifat statis, tak bergerak secara mekanik ketika ditekan, dan memberikan feedback berupa getaran sebagai ganti “klik” pada tombol fisik.   

Apa alasannya?

Mengapa Apple menghilangkan dua fitur ikonik yang sebelum ini selalu hadir di tiap generasi iPhone tersebut?

Baca: Ini Daftar Harga iPhone 7 dari Smartfren Beserta Paketnya

Di panggung acara, Apple mendengung-dengungkan bawa masa depan audio adalah koneksi wireless. Sebab itulah Apple turut meluncurkan headphone nirkabel bernama AirPods dan menanam chip wireless audio W1 pada iPhone 7.

Tapi ketika berbicara dengan Buzzfeed, Senior Vice President Hardware Engineering Apple, Dan Riccio mengungkap alasan sebenarnya, yakni untuk menghemat ruang yang sudah sempit di dalam cangkang iPhone.

“Konektor tua berumur 50 tahun ini -bentuknya cuma lubang berisi udara saja- duduk di sana dan menyita ruang yang sangat bernilai,” kata Riccio, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (24/10/2017).

Menurut dia, keberadaan konektor audio 3,5 mm itu membuat Apple kerepotan dalam menambah fitur baru, seperti misalnya sistem kamera dua-lensa milik iPhone 7 Plus yang juga menyita tempat di dalam "perut" ponsel.

“Tempat yang dipakai oleh headphone jack ini bentrok dengan teknologi kamera, lalu prosesor, dan juga baterai,” kata Ricci. “Ketika ada solusi modern yang lebih baik, rasanya tak masuk akal untuk mempertahankan (jack audio).”

Sempat muncul tudingan miring bahwa Apple sengaja menghilangkan konektor audio 3,5 mm analog untuk memaksa pengguna supaya memutar musik original yang dikunci lewat Digital Rights Management (DRM). Penguncian ini bisa dilakukan lewat port Lightning yang notabene menyalurkan data dalam bentuk digital.

Namun, tuduhan ini ditampik oleh SVP Worldwide Marketing Apple Phil Schiller. “Itu tak ada hubungannya dengan manajemen konten atau DRM -tudingan tersebut murni cuma teori konspirasi saja,” ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com