Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Gift Card Sudah Bisa Dibeli di Indomaret

Kompas.com - 27/03/2017, 13:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kartu Hadiah Google Play atau yang lebih populer disebut Google Play Gift Card versi fisik dengan mata uang Rupiah, akhirnya tersedia di Tanah Air mulai pekan ini. Kartu "ajaib" itu berguna untuk membeli aplikasi, buku, film, dan hiburan lainnya yang ada di toko aplikasi Google Play Store.

Mekanismenya lebih kurang sama dengan voucher belanja. Anda bisa menukarkan kode dalam kartu itu dengan uang virtual untuk melakukan transaksi secara online di Google Play Store.

Untuk permulaan, Kartu Hadiah Google Play bisa dibeli di gerai-gerai Indomaret se-Jabodetabek. Lantas, kartu itu juga bakal menyambangi Bandung, Purwakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Gresik, dan Medan, mulai April mendatang.

Ada beberapa varian kartu yang tersedia di Indomaret berdasarkan nominalnya, mulai dari Rp 150.000, Rp 300.000, hingga Rp 500.000, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (27/3/2017), dari blog resmi Google Indonesia.

Google juga menyediakan promosi yang berlaku hingga akhir April mendatang untuk game populer semacam Clash of Kings dan Crisis Action bagi pembeli Kartu Hadiah Google Play. Promosi ini bisa dibilang sebagai perayaan karena Google Play Gift Card versi fisik akhirnya menyambangi Indonesia setelah diluncurkan pertama kali pada 2012 silam.

Kartu Hadiah ini diharapkan membantu para pecinta Android untuk menikmati hiburan yang tersedia di Google Play dengan lebih mudah dan praktis. Anda cukup beli kartu dengan nominal tertentu, memasukkan kode pada kartu ke kolom "Redeem" pada Play Store, lantas apa saja yang berbayar di Play Store bisa Anda nikmati sesuai dengan kuota nominal uang yang dibeli.

Untuk panduan lengkap soal penukaran kode pada kartu ke akun Google Anda, silakan kunjungi tautan ini.  

Google Play Gift Card hadir pada 2012 lalu di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia, mekanisme ini mula-mula bukan berupa kartu, namun voucher pada struk yang bisa dibeli di Indomaret sejak pertengahan tahun lalu.

Sebelumnya lagi, pengguna Android di Indonesia mengisi saldo Google Play dengan kartu kredit. Jika tak punya, beberapa operator seluler seperti Indosat, Telkomsel, Kartu Halo, dan XL pun menyediakan layanan potongan pulsa untuk membeli aplikasi di Google Play Store.

Baca: Google Maps Kini Bisa Lacak Perjalanan Teman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com