Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mempercepat MacBook yang "Lemot"

Kompas.com - 04/04/2017, 20:06 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Adakalanya MacBook yang sudah lama Anda gunakan menjadi lambat alias lemot, dan mulai mengesalkan. Pelambatan seperti ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Tetapi bukan berarti pelambatan tersebut tidak ada solusinya. Setidaknya, jika kinerja yang melambat tersebut bukan disebabkan oleh hardware yang mulai rusak, masih ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (4/4/2017), ada lima hal yang bisa dilakukan untuk mencoba memulihkan kinerja MacBook tersebut. Simak ulasan berikut ini.

1. Matikan auto-start

Ada banyak aplikasi yang bakal otomatis menyala ketika pengguna menyalakan MacBook. Tapi di antara banyak aplikasi tersebut, sebenarnya hanya beberapa saja yang memang benar-benar diperlukan.

Kuncinya, Anda mesti mengidentifikasi aplikasi mana yang memang membutuhkan auto-start bersamaan dengan menyalanya MacBook. Jika sudah menentukan hal tersebut, Anda tinggal mematikan aplikasi auto-start di aplikasi yang tidak begitu penting.

Seleksi semacam itu akan membuat sistem di MacBook akan bekerja lebih efisien dan tidak menghambur-hamburkan daya yang tersedia. Kinerja pun jadi lebih cepat dan mulus.

Anda bisa mematikan auto-start di aplikasi tertentu dengan cara masuk menu System Preferences, pilih User & Group, kemudian pilih Login Items. Berikutnya akan muncul daftar aplikasi apa saja yang otomatis berjalan saat Anda menyalakan MacBook.

Cukup lihat daftar tersebut, pilih nama aplikasi terdaftar lalu tekan tombol “minus” untuk menghentikan auto-start.

2. Hapus data dan aplikasi

Periksa daftar aplikasi yang terpasang di MacBook dan hapuslah aplikasi yang tidak pernah dipakai. Begitu juga dengan data yang disimpan di dalamnya. Periksa dan hapuslah data yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Baca: Selamat Tinggal OS X, Selamat Datang macOS Sierra

Jangan lupa untuk mengecek peramban yang Anda gunakan, baik itu Google Chrome atau Firefox. Jika di peramban ini ada ekstensi yang tidak terpakai, segera hapus saja.

Semua hal yang tidak terpakai itu memakan tempat di memori serta hard disk MacBook Anda. Semakin banyak data dan aplikasi tak terpakai, maka semakin sempit ruang yang tersisa untuk kinerja sistem operasi Mac. Efek dari hard disk dan memori yang penuh adalah kinerja MacBook yang melambat.

Dengan menghapus data dan aplikasi tak terpakai, MacBook Anda punya ruang lebih luas dan berpengaruh dalam memuluskan kinerja sistem operasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com