Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 3 Tahun, Apple Akhirnya Bersiap Perbarui Mac Pro

Kompas.com - 05/04/2017, 14:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Belakangan Apple gencar memperbarui lini perangkat mobile, mulai dari iPhone, Watch, hingga iPad. Lini lain seakan "dinomorduakan", sebut saja Mac Pro yang merupakan komputer desktop untuk kalangan profesional.

Mac Pro terakhir kali diperbarui sekitar tiga tahun lalu. Head of Marketing Apple, Phil Schiller, berjanji akan menghadirkan versi anyar Mac Pro tahun depan.

"Kami akan mendefinisikan kembali Mac Pro," kata dia, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Rabu (5/4/2017).

Ini tentu merupakan berita baik bagi para loyalis Mac Pro. Mereka umumnya berprofesi sebagai seniman grafis atau seniman visual yang membutuhkan performa dan tenaga "kuda" dari komputer buatan Apple.

Salah satu pembaruan pada Mac Pro keluaran 2018 nanti, kata Schiller, terletak pada sistem yang dibuat modular. Dengan begitu, pengguna lebih mudah melakukan upgrade komponen pada komputer.

Selain itu, akan ada peningkatan performa dari segi memori dan pemrosesan. Namun, spesifikasi lengkap dari perangkat workstation sekaligus server komputer tersebut belum diungkap.

Mac Pro yang beredar di pasaran saat ini terbagi dalam dua varian berdasarkan inti pemrosesannya, ada yang quad-core alias empat inti, ada juga yang six-cores atau berinti enam. Ke depan, Schiller mengindikasikan varian Mac Pro akan dilengkapi dengan pemrosesan berinti delapan alias octa-core.

Bersamaan dengan Mac Pro teranyar, Schiller juga mengumumkan bahwa Apple akan memperkenalkan iMac versi baru. Belum banyak kisi-kisi yang disebutkan Schiller soal komputer desktop all-in-one tersebut.

Kita tunggu saja seperti apa kejutan dari Apple tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com