Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain "Pokemon Go" Lebih Riang dan Mudah Bergaul

Kompas.com - 13/04/2017, 18:34 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Para pemain Pokemon Go, ada kabar baik untuk Anda. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa mayoritas dari pemain game tersebut ternyata lebih riang dan mudah bergaul ketimbang orang yang tidak memainkan Pokemon Go.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Wisconsin-Madison. Hasil penelitian tersebut sudah dipublikasikan di Media Psychology.

Tim tersebut melakukan pada Juli 2016 lalu. Dalam tiga minggu penelitian, ada sekitar 400 orang yang disurvei. Sekitar 40 persen di antaranya merupakan pemain Pokemon Go.

Dari survei tersebut, diketahui bahwa para pemain Pokemon Go lebih memiliki emosi yang positif bagi sesama.

Pemain Pokemon Go juga terlihat ingin mempererat pertemanan dengan teman lama. Karena game mengharuskan untuk berpindah tempat demi mendapat Pokemon atau menemukan Poke Stop, para pemain diketahui juga gemar berolahraga.

"Untuk sebagian besar, lebih lanjut pemain Pokemon Go mengatakan tentang hal-hal positif yang membuat mereka merasa lebih hidup, berharga, dan memuaskan," kata James Alex Bonus, penulis artikel hasil penelitian, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Kamis (13/4/2017).

Semakin sering bermain, pemain juga dikatakan cenderung memiliki keinginan menemukan teman baru.

"Semakin banyak yang bermain, semakin mereka terlibat dalam perilaku yang memperlihatkan membuat koneksi baru -membuat teman-teman di Facebook, memperkenalkan diri untuk seseorang yang baru, bertukar nomor telepon dengan seseorang, atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman lama dan belajar hal baru tentang mereka," tutur Bonus.

Pokemon Go sendiri dirilis untuk pertama kalinya pada Agustus 2016 lalu. Awalnya, game tersebut mendapat perhatian begitu besar dari para pengguna smartphone. Sampai-sampai, server dari game tersebut tidak kuat menampung para pemain.

Dengan berjalannya waktu, game tersebut mulai kehilangan pamor. Niantic, selaku pengembang game, baru-baru ini mengupdate game dengan 80 jenis Pokemon baru untuk menarik kembali para pemain lama.

Baca: Diperbarui Besar-besaran, Pokemon Go Kedatangan 80 Monster Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com