Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapak-Anak Gergaji Baterai Galaxy S8, Hasilnya?

Kompas.com - 17/04/2017, 13:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Keamanan baterai di perangkat Samsung ramai menjadi sorotan semenjak insiden rawan terbakar yang menimpa Galaxy Note 7 beberapa waktu lalu.

Samsung pun bertindak dengan menerapkan metode baru bernama “8-Point Battery Safety Check” untuk memastikan keamanan baterai di ponsel andalan barunya, Galaxy S8.

Lantas, apakah Galaxy S8 benar-benar tidak rawan terbakar seperti pendahulunya? Itulah, antara lain, yang hendak dicari tahu jawabannya oleh kanal YouTube “What’s Inside?”

Pemilik kanal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin (17/4/2017), duo ayah-anak Daniel dan Lincoln, membongkar smartphone Galaxy S8 untuk melihat jeroannya.

Pertama-tama, kaca pelapis bagian punggung Galaxy S8 dilepas dengan cara dicongkel. Kemudian, layar ponsel itu mulai dipotong dengan gergaji listrik dari arah atas.

Proses pemotongan rupanya mengenai sirkuit baterai sehingga penyimpan daya tersebut mulai berasap dan menggembung, serta mulai membocorkan cairan kimia.

Daniel yang sedang menggenggam Galaxy S8 bergegas membawanya ke luar ruangan karena dikhawatirkan bakal terbakar atau meledak, tapi ternyata tidak.

Bahkan setelah unit baterainya ditusuk berkali-kali dengan cutter, Galaxy S8 tetap tidak terbakar atau berasap kembali.

Video selengkapnya bisa disimak di tautan berikut. Perlu ditambahkan bahwa yang dilakukan di dalamnya merupakan kegiatan berbahaya dan tidak untuk ditiru.

Baca: 5 Cara Mempercepat Charge Baterai Smartphone


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com