Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spaces, Tempat Nongkrong Virtual Bikinan Facebook

Kompas.com - 19/04/2017, 16:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Facebook baru saja meluncurkan Spaces, yakni sebuah media sosial yang dikembangkan khusus untuk virtual reality (VR). Ini adalah produk ambisius Facebook yang bertujuan mengombinasikan interaksi sosial dengan lingkungan virtual 3D.

Bisa diartikan, Spaces merupakan tempat "nongkrong" atau berkumpul para pengguna di dunia VR. Nantinya, setiap karakter atau avatar pengguna bisa duduk bersama dalam sebuah ruang virtual untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Saat ini, Facebook Spaces masih dalam bentuk beta dan dirancang agar bisa diakses menggunakan headset Oculus Rift + Touch. Pengguna membutuhkan headset Oculus dan ekosistemnya untuk bisa merasakan interaksi sosial 3D itu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (19/4/2017), pemilik Oculus Rift cukup menghubungkan perangkatnya dengan akun Facebook untuk bisa masuk ke Spaces.

Begitu ada di dalam Spaces, pengguna akan masuk ke dalam ruang virtual dan menemukan avatar miliknya. Avatar tersebut bisa bersuara dan memperlihatkan gestur untuk berkomunikasi dengan avatar lain.

Ruang virtual dalam Spaces bisa menampung maksimal empat orang teman. Selain mengobrol, masing-masing avatar di dalamnya juga bisa menggambar, menonton video 360, melakukan panggilan video menggunakan Messenger, dan memotret selfie virtual.

Hal paling menarik dari media sosial VR ini adalah Facebook berencana merilisnya untuk berbagai platform lain.

Artinya di masa yang akan datang, bukan cuma pemilik Oculus Rift saja yang bisa mengakses Facebook Spaces ini. Pemilik headset VR merek lain pun akan bisa mengaksesnya.

“Kami tentu saja ingin bisa hadir seluruh platform VR,” ujar Product Manager Facebook Mike Booth.

Baca: Ini Alasan Facebook Bikin Status Teks dengan Latar Berwarna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com