Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bisa Komentar dan "Like" Instagram Ketika Tanpa Internet

Kompas.com - 20/04/2017, 09:00 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Sebanyak 80 persen pengguna Instagram tersebar di luar Amerika Serikat. Tak sedikit dari mereka yang tinggal di wilayah dengan kapasitas internet rendah.

Untuk menjaga pengalaman pengguna tetap baik di tengah kondisi internet yang tak stabil, Instagram mulai menerapkan penjajalan tanpa internet alias offline. Hal ini diumumkan dalam ajang tahunan Facebook bertajuk "F8".

Fungsi offline ini baru mulai berlaku untuk pengguna Android, mengingat sistem operasi tersebut yang mendominasi pasar smartphone sekarang. Instagram berjanji pengguna iOS akan kebagian fungsi yang sama dalam beberapa bulan ke depan. (Baca: Kenapa Foto Instagram Belakangan Jadi Buram?)

Lantas, seperti apa fungsi offline ala Instagram? Dilansir KompasTekno, Kamis (20/4/2017) dari Techcrunch, pengguna Instagram bisa melihat konten-konten yang sebelumnya sudah dibuka tanpa loading ulang.

Jadi, profil yang pernah dikunjungi, laman eksplor, dan postingan-postingan yang pernah dibuka bisa diakses tanpa memakan data sama sekali. Intinya, pengguna bisa tetap membuka aplikasi Instagram ketika sedang offline tanpa diberi peringatan "can't load the page" dari layanan bernuansa ungu tersebut.  

Selain itu, pengguna juga bisa tetap meninggalkan komentar, me-like sesuatu, menyimpan media, meng-follow atau unfollow pengguna Instagram lainnya ketika offline. Perintah-perintah itu tersimpan di sistem Instagram untuk kemudian otomatis digulir ketika pengguna mendapat koneksi internet.

Dengan kemampuan ini, pengguna Instagram tak perlu "mati gaya" ketika tak menerima koneksi internet. Instagram tak akan serta-merta memutus semua fungsinya ketika pengguna sedang offline.

Menurut perwakilan Instagram, kemampuan penjajalan di kala offline menjadi penting untuk mendorong pertumbuhan Instagram di negara-negara berkembang. Selain ke Instagram, toleransi untuk pengguna di wilayah internet tak stabil juga diberlakukan ke Facebook dengan merilis Facebook Lite.

Layanan Facebook dalam versi lebih ringan dan hemat data tersebut diklaim sudah dinikmati lebih dari 200 juta pengguna. Angka itu diperoleh hanya dalam kurun waktu satu tahan pasca Facebook Lite dirilis. (Baca: Cara Posting Kolase Foto di Instagram Stories)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com