Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Membandingkan Galaxy S8 Plus dengan LG G6

Kompas.com - 20/04/2017, 15:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Dengan bentang layar mencapai 6,2 inci, Galaxy S8 Plus adalah salah satu ponsel samsung yang memiliki panel display terbesar. Ukuran layarnya bahkan lebih besar dibandingkan seri Galaxy Note yang semuanya masih di bawah 6 inci.

Samsung memperlebar layar duo ponsel Galaxy S8 dengan mengganti tombol home fisik dengan virtual button. Ketiga tombol navigasi, yakni home, recent apps, dan back kini ditemukan sebagai bagian dari antarmuka sistem operasi.

Dengan teknologi "Infinity Display", Samsung pun mempertipis ukuran bingkai layar (bezel) di sisi atas dan bawah, sementara sisi kanan dan kiri sudah sangat tipis karena dibantu bentuk layar melengkung (edge screen). Jadilah Galaxy Note 8 tampil nyaris tanpa bingkai.

Baca: Bapak-Anak Gergaji Baterai Galaxy S8, Hasilnya?

Infinity Display sebenarnya meninggikan ukuran layar secara vertikal sehingga bentang diagonal bisa ditingkatkan tanpa memperlebar perangkat secara horizontal. Walhasil, tubuh Galaxy S8 Plus tak selebar Galaxy Note 5, tapi diagonal layarnya lebih lebar.

Efek samping dari hal ini adalah aspect ratio layar ikut berubah, tak lagi 16:9 seperti kebanyakan smartphone Android lain, tapi menjadi 18,5:9 sehingga tampak lebih memanjang dari atas ke bawah ketika ponsel digenggam dalam orientasi portrait (vertikal).

Ponsel flagship lain, LG G6, turut mengambil pendekatan yang mirip dengan mengubah aspect ratio layar menjadi 18:9. Diagonal display LG G6 pun bisa menyamai Galaxy Note 5 (5,7 inci) sementara ukuran fisik tubuhnya justru lebih kecil.

Seperti apa perbedaan bentuk dan tampilan layar dari Galaxy S8 Plus dan LG G6 dibandingkan perangkat terdahulu?

Untuk menemukan jawabannya, KompasTekno melakukan perbandingan antara kedua perangkat ini dengan Galaxy Note 5 dan Galaxy S7. Selengkapnya bisa disimak dalam video di tautan ini.

Baca: LG G6 Bisa Dipesan di Indonesia di Hari Kartini, Harganya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com