Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Kecepatan 20 FPS, Mirrorless Sony A9 Dijual Rp 60 Juta

Kompas.com - 21/04/2017, 12:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Sony baru saja mengumumkan kamera mirrorless full-frame seri A9. Kamera ini dibekali dengan hal menarik, salah satunya adalah kemampuannya menjepret foto hingga 20 frame per detik (fps) tanpa blackout (jeda berwarna hitam).

Rata-rata kamera akan mengalami blackout atau jeda yang menampilkan frame berwarna hitam ketika digunakan untuk memotret secara beruntun (burst). Namun Sony A9 ini dibekali teknologi baru yang mencegah terjadinya blackout.

Dengan demikian, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Kamis (20/4/2017), selama menekan tombol shutter dan kamera menjepret dengan kecepatan 20 fps itu, fotografer tidak akan melewatkan satu momen pun. Semuanya tetap terlihat dengan jelas di viewfinder atau LCD.

Sementara itu dengan kecepatan continuous shooting 20 fps, kamera ini sanggup memotret lebih kurang hingga 241 foto berformat RAW secara terus menerus atau sekitar 362 foto berformat JPEG.

Selain itu, Sony A9 ini juga dibekali kemampuan lain. Di antaranya adalah sensor CMOS 24,2 megapiksel, silent shutter tanpa distorsi, high-speed tracking dengan perihitungan hingga 60 AF/AE per detik, dan autofocus hingga 693 titik atau 93 persen dari keseluruhan frame. Di bagian belakang kamera ada sebuah stik yang bisa dipakai untuk mempermudah memilih titik fokus ini.

Sony juga membekali A9 dengan sebuah electronic viewfinder (EVF) yang memiliki resolusi 3.686-dot dan kecepatan gambar 120 fps. Sebagai penstabil gambar saat memotret atau merekam video, terdapat 5-axis in body stabilization.

Untuk urusan video, kamera ini sanggup merekam gambar dalam resolusi 4K. Di bodi kamera ini pun terdapat port ethernet yang bisa digunakan untuk memindahkan data dengan cepat, dua slot SD Card untuk memasukkan memori penyimpanan, serta baterai yang bisa memberi tenaga hingga 480 jepretan untuk sekali pengisian.

Rencananya, Sony akan mulai meluncurkan seri A9 ini pada 25 Mei 2017 mendatang. Banderol harganya mencapai 4.500 dollar AS, atau sekitar Rp 60 juta.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com