Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kedatangan Fitur Pengingat Tempat Parkir di Google Maps

Kompas.com - 26/04/2017, 14:20 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google Maps kedatangan sebuah fitur baru yang bakal sangat membantu bagi yang sulit mengingat lokasi parkir. Fitur pengingat lokasi itu kini sudah bisa dijajal di Indonesia, baik di perangkat berbasis iOS maupun Android.

Penggunaan fitur tersebut sangat mudah. Pengguna Google Maps di Android dan iOS, tinggal menekan gambar titik biru (blue dot) yang menandakan lokasi saat itu.

Saat gambar itu ditekan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Blog Google, Rabu (26/4/2017), Google Maps akan menampilkan berbagai menu. Langsung tekan saja pilihan "Save your parking", kemudian akan muncul titik berwarna hijau bertuliskan "You parked here".

Titik hijau itu akan menjadi pengingat lokasi parkir pengguna. Tidak hanya itu, nantinya pengguna bisa menambah berbagai informasi penting lainnya soal lokasi parkir.

Tinggal tekan saja titik hijau tersebut, kemudian pengguna bisa memasukan catatan mengenai tempat parkir. Sebagai contoh, pengguna bisa memasukkan informasi seputar di lantai berapa mobil diparkir atau nomor lokasi.

Pengguna juga bisa memasukkan countdown atau waktu tersisa untuk parkir. Bisa saja, pengguna parkir di tempat yang ada batasan waktunya. Nah, saat waktu yang ditetapkan pengguna sudah mau habis, nantinya Google Maps akan memberikan notifikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa menjepret lokasi parkir sebagai pengingat lainnya.

Bagi platform iOS, ada fitur khusus yang dihadirkan oleh Google. Jika pengguna menghubungkan iPhone menggunakan USB atau Bluetooth ke sistem audio mobil, lokasi parkir akan secara otomatis ditambahkan ke Maps setelah perangkat disconnect dari sistem tersebut.

Fitur penyimpan lokasi parkir itu sendiri baru bisa didapatkan setelah pengguna memperbarui aplikasi. Untuk update aplikasi, silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk Android. Sementara, untuk iOS, silahkan kunjungi tautan ini.

Baca: Fitur Lacak Perjalanan Teman di Google Maps Bisa Dicoba di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com