Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Segera Pasarkan Produk "Internet of Things" di Indonesia

Kompas.com - 26/04/2017, 15:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain smartphone seri Redmi dan Mi yang beken, Xiaomi juga menjual produk-produk lain mulai dari penanak nasi pintar hingga air purifier.

Aneka perangkat tersebut rencananya akan segera dijual pabrikan gadget asal China tersebut di Jakarta. Hal itu diungkapkan oleh pihak Xiaomi dan Erajaya dalam pengumuman kerja sama paket bundling dengan Telkomsel di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

CEO Erajaya Group Hasan Aulia mengatakan pihaknya akan menjual produk-produk lain bikinan Xiaomi di luar "basic ecosystem" (aksesori, seperti powerbank dan handsfree). Perangkat-perangakt baru ini tercakup dalam kategori besar Internet of Things (IoT) yang terhubung ke internet.

"Kami akan memasarkan produk seperti wearable device, air purifier, dan perangkat-perangkat smarthome. Semua yang menyangkut internet product," ujar Hasan ketika dijumpai oleh KompasTekno seusai acara.

Hasan mengaku belum bisa memastikan kapan produk-produk Xiaomi itu akan mulai dijual di Indonesia karena pihaknya masih mengurus sertifikasi yang diperlukan.

Namun, dia memberi perkiraan waktu pemasaran perdana dalam dua hingga tiga bulan ke depan. Belum dipastikan juga perangkat apa saja yang akan dijual.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Xiaomi for South East Asia and South Pacific Steven Shi menjelaskan bahwa Xiaomi memiliki tiga pilar produk, yakni smartphone, produk-produk ekosistem, dan layanan internet.

"Kalau Mi Roaming yang baru-baru ini meluncur, masuk kategori internet services. Sementara, produk, seperti air purifier dan TV pintar tergolong dalam perangkat ekosistem, " kata Shi.

Baca: Xiaomi Hadirkan Kartu SIM Virtual Mi Roaming di Indonesia

Shi mengaku optimis aneka produk IoT Xiaomi akan diminati konsumen Indonesia. Soal infrastruktur internet, menurut dia, bukan kendala karena perangkat-perangkat itu hanya menggunakan bandwidth kecil.

"Jadi, yang dibutuhkan hanya konektivitas saja. Apalagi, 50 persen populasi Indonesia sudah terhubung ke internet. Mereka ini memiliki keinginan untuk memakai inovasi-inovasi digital terbaru," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com