Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor Smartphone Zuk Mobile Tutup Usia?

Kompas.com - 27/04/2017, 07:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Zuk, salah satu unit bisnis smartphone yang dimiliki oleh Lenovo, dikabarkan bakal ditutup dan dihentikan operasinya. Semua smartphone baru keluaran vendor China itu ke depannya akan mengusung nama Lenovo Moto.

Kabar ini dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (27/4/2017), pertama kali beredar lewat percakapan di jejaring sosial China, Weibo.

Pengguna dengan akun Weibo, Oldcool mengatakan bahwa tidak akan pernah ada ZUK3, karena operasional divisi Zuk Mobile bakal dihentikan.

Sementara analis pasar di China, Pan Jiutang mengatakan, Lenovo akan menyatukan semua seri smartphone agar bisa bersaing dengan kompetitornya di pasar China.

Zuk Mobile sendiri berdiri sejak Mei 2015. Dengan demikian, operasional startup yang diinvestasi oleh Lenovo itu baru berumur sekitar dua tahun. Selama ini, Zuk telah merilis tiga smartphone Android dengan beberapa versi, yakni ZUK Z1, Z2, Z2 Pro, dan ZUK Edge.

Lenovo belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar penghentian operasi Zuk ini.

Zuk sendiri sempat melakukan peluncuran produk di Indonesia, yakni Zuk Z1 yang dirilis pada Desember 2015 lalu.

Namun kehadirannya memunculkan kontroversi sebab Zuk disinyalir menggunakan nomor sertifikat palsu dalam kardus kemasannya. Nomor sertifikat yang digunakan adalah milik Xiaomi Redmi 1S.

Baca: Masuk Indonesia, Android Zuk Z1 Pakai Sertifikat Palsu?

Setelah itu, Zuk tidak pernah lagi merilis produk smartphone secara resmi di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com