Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bixby Voice untuk Galaxy S8 Meluncur di Kampung Halaman Samsung

Kompas.com - 02/05/2017, 16:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus sudah mulai dilepas ke pasaran pada 21 April lalu. Namun, ada fitur yang masih belum hadir karena masih dikembangkan, yakni kemampuan voice command pada teknologi asisten digital berbasis AI, Bixby.

Samsung menjanjikan Bixby bakal akhir pada akhir musim semi atau sekitar bulan Mei. Kabar terbaru menyebutkan bahwa para pengguna Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di Korea Selatan sudah bisa menjajal Bixby Voice awal pekan ini.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Selasa (2/5/2017), menyebutkan bahwa Samsung mulai menggulirkan Bixby Voice ke pengguna di Korea Selatan pada pukul 1 siang waktu setempat, Senin kemarin.

Pengguna duo Galaxy S8 di Negeri Ginseng tersebut sebelumnya memperoleh notifikasi soal kehadiran Bixby Voice pada pagi hari yang sama.
 
Samsung pun diperkirakan akan meresmikan kehadiran Bixby Voice untuk para pengguna Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di wilayah pasar lain pada bulan Mei ini.

Teknologi asisten digital Bixby pada Galaxy S8 memiliki tiga komponen utama, yakni Bixby Voice, Bixby Vision, dan Bixby Home.

Bixby Vision adalah kemampuan augmented reality untuk mengenali obyek-obyek dari hasil tangkapan kamera. Sementara Bixby Home hadir di layar home screen sebagai rangkaian kartu notifikasi, mirip Google Now.

Samsung punya harapan besar bagi Bixby yang bersaing dengan teknologi sejenis seperti Google Asistant dan Siri.

Teknologi asisten digital berbasis kecerdasan buatan ini nantinya tidak hanya akan diterapkan di smartphone saja, melainkan produk-produk piranti “pintar” lain dari Samsung, mulai dari kulkas hingga bohlam lampu.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com