Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Gear VR Baru dan DeX Segera Masuk Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 03/05/2017, 08:51 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung bakal segera merilis headset virtual reality (VR) Gear VR dengan controller dan aksesori DeX di Indonesia. Samsung berencana untuk menghadirkan produk tersebut pada awal bulan Juni di Tanah Air.

Rencana perilisan itu diungkap langsung oleh Head of Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, saat ditemui awak media di sela-sela peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

“Kalau Gear VR dengan controller ini akan mulai kami jual ke konsumer sekitar awal bulan depan. Harganya Rp 1,499 juta sudah termasuk dengan controller itu,” tutur Denny.

Baca: Kamera Gear 360 2017 Resmi Dirilis, Mampu Rekam Video 4K

Dia menjelaskan bahwa Gear VR tersebut berbeda dengan edisi pendahulunya. Versi baru dilengkapi dengan controller atau alat pengendali. Alat ini memiliki tombol dan panel sentuh untuk dipakai sebagai piranti navigasi di dunia VR.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Model memperagakan pemakaian Samsung DeX yang membuat smartphone Galaxy S8 atau S8 Plus bisa dipakai layaknya komputer desktop

Di saat yang bersamaan, Samsung juga berencana untuk merilis aksesori DeX. Perangkat ini merupakan sebuah docking yang bisa menyulap Galaxy S8 atau S8+ menjadi layaknya PC.

“Rencananya akan ada Samsung DeX juga sudah bisa didapat saat itu. Harganya sekitar Rp 1,6 juta,” imbuhnya.

Samsung DeX dilengkapi dengan port HDMI untuk menghubungkannya dengan monitor; ethernet untuk memasang kabel internet; dan USB tipe A untuk keperluan memindahkan data. Ada juga koneksi Bluetooth yang bisa disambungkan dengan keyboard dan mouse, layaknya sebuah PC Desktop.

Selain berfungsi sebagai docking, menurut Denny, Samsung DeX juga sekaligus bekerja mengisi daya smartphone Galaxy S8 atau S8 Plus.

“Tapi jangan khawatir smartphone menjadi panas. Soalnya di sini juga ada kipas yang membantu mendinginkan,” katanya.

Baca: Samsung Resmi Luncurkan Galaxy S8 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com