Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Bocorkan "Chipset" Snapdragon 845

Kompas.com - 08/05/2017, 15:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Chipset mobile Snapdragon 835 baru akan mulai dirilis ke pasaran melalui produk-produk smartphone kelas atas tahun ini, namun bocoran untuk prosesor generasi berikutnya sudah mulai beredar.

Pekan lalu, chipset yang disinyalir bernama Snapdragon 845 tersebut dilaporkan mendadak muncul secara tidak sengaja di situs resmi Qualcomm dengan nama “SDM845”.

Qualcomm memang diperkirakan tengah mengembangkan Snapdragon 845 yang bakal menerapkan teknologi proses fabrikasi 7 nm.

Dibandingkan chip 10 nm seperti Snapdragon 835, teknologi 7 nm mampu meningkatkan performa hingga 35 persen sekaligus menciutkan ukuran fisik prosesor yang bersangkutan.  

wccftech.com Daftar chip baru Qualcomm yang dilaporkan sempat bocor di situs peruahaan tersebut.
Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/5/2017), sempat beredar kabar bahwa Samsung dan TSMC tengah memperebutkan kontrak manufaktur untuk chip berteknologi 7 nm ini.

Snapdragon 845 sendiri disinyalir baru akan resmi diumumkan menjelang akhir 2017, untuk dipakai di handset andalan di tahun berikutnya macam Galaxy S9.

Qualcomm bukan satu-satunya pabrikan yang mulai berkutat dengan chip 7 nm. Huawei, Nvidia, dan MediaTek diperkirakan bakal menelurkan produk serupa.

Selain informasi di atas, masih belum banyak yang diketahui tentang Snapdragon 845. Dalam waktu dekat, Qualcomm diperkirakan akan lebih dulu mengumumkan prosesor kelas menengah atas bernama Snapdragon 660.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com