Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet XL Diprediksi Tembus 4.000 TB Saat Mudik dan Lebaran 2017

Kompas.com - 09/05/2017, 07:49 WIB
Deliusno

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - XL Axiata telah melakukan riset untuk memprediksi lonjakan traifk selama musim mudik dan Lebaran 2017. Peningkatan diprediksi bakal terjadi untuk layanan suara, data, dan SMS.

Di sela acara media gathering di Gianyar, Bali, VP Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan beberapa data terkait lonjakan yang bakal terjadi selama mudik dan Lebaran 2017.

Menurut Gede, meski layanan suara dikatakan sudah mulai ditinggalkan, nyatanya layanan suara XL justru melonjak menjadi 253 juta menit untuk harian normal pada 2017 ini.

Baca: Seni Berburu Pokemon di Jalur Mudik

Padahal, di hari H Lebaran 2016 lalu, layanan voice hanya menyentuh 188 juta menit. Di Lebaran 2017, peningkatan trafik voice diprediksi naik hingga lima persen dari hari normal.

Peningkatan terbesar, seperti tahun-tahun sebelumnya akan datang dari segi layanan data internet. Pada Lebaran 2016 lalu, paket data yang digunakan di jaringan XL mencapai angka 1.266 TB.

Di tahun 2017 sendiri, pada hari normal, pemakaian data sudah mencapai angka 3.600 TB.

"Situasi normal saja sudah terjadi tiga kali peningkatan dari hari Lebaran di 2016. Lebaran tahun ini, kami memprediksi terjadi peningkatan antara 20 sampai 30 persen," kata I Gede.

Dengan demikian, trafik data XL Axiata diprediksi bakal melonjak hingga 4.600 TB selama musim mudik dan lebaran 2017.

Sementara itu, trafik SMS dikatakan bakal menurun di musim mudik dan lebaran ini. Pasalnya, layanan SMS kini semakin tergantikan dengan aplikasi pengirim pesan instan sepertiWhatsapp, Line, atau BBM.

Baca: Ini Yang Terjadi di Jaringan XL Saat Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com