Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halaman Google Play Store Kosong di Android? Mungkin Ini Sebabnya

Kompas.com - 09/05/2017, 15:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa ada yang aneh dari Google Now atau Google Play Store? Jika ya, Anda tak sendiri. Beberapa pengguna ponsel Android melaporkan hal serupa melalui forum online Reddit dan Google Play Help.

Agaknya Google sedang melakukan pengujian fitur baru atau upgrade yang berimbas eror pada dua layanannya itu yang tak bisa dipakai. Pengujian fitur baru sebelum dirilis resmi ini kerap disebut “server-side test”.

Hanya sebagian kecil pengguna yang dijadikan sampel untuk server-side test. Karenanya, yang merasakan Google Now dan Google Play Store tak berfungsi sebagaimana mestinya pun tak banyak.

Sejatinya, orang-orang yang diberikan kesempatan pertama menjajal fitur baru atau upgrade dari Google bisa dibilang beruntung. Namun jika ada risiko seperti yang terjadi sekarang, mereka pula yang harus merasakannya.

Adapun eror pada Google Play Store berbentuk homepage yang kosong alias blank, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (9/5/2017).

Pengguna tetap bisa mencari aplikasi melalui search bar, menginstal, maupun memperbarui aplikasi tertentu. Hanya saja, tampilan depan yang semestinya ramai akan tampak kosong dan bagi sebagian orang tentu menyebalkan.

Sementara itu, pada Google Now, eror lebih serius. Layanan itu benar-benar tak berfungsi, di mana informasi yang diberikan tak sesuai dengan yang semestinya.

Beberapa pengguna mengatakan telah menemukan solusi untuk eror tersebut. Mereka harus menghapus data pada Google Search dan menghapus pembaruan Google Now untuk kemudian di-install lagi.

Google sendiri belum angkat bicara soal eror pada layanannya yang menimpa beberapa pengguna. Untuk melihat forum dari para pengguna, Anda bisa membuka tautan ini dan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com