Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Dongkrak Kinerja Kamera Ponsel dengan Snapdragon 660 dan 630

Kompas.com - 10/05/2017, 08:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Qualcomm resmi mengumumkan dua chipset smartphone terbarunya, yakni seri Snapdragon 660 dan 630. Kedua chipset ini disebut-sebut memiliki kinerja fotografi, konektivitas, dan machine learning yang lebih mulus.

Untuk urusan fotografi, Qualcomm menyematkan Image Signal Processor (ISP) Spectra 160. Prosesor ini diklaim sanggup mengolah dan menampilkan warna kulit alami, memotret dalam kondisi low light, serta minim pemakaian daya.

Selain itu, ISP Spectra 160 dibekali teknologi yang bisa mendongkrak kinerja sejumlah fitur dalam kamera ganda. Misalnya memuluskan zoom optik, pemrosesan efek bokeh, autofokus dual piksel, hingga stabilisasi video.

Qualcomm juga memasukkan Digital Signal Processor (DSP) Hexagon 680 di dalam Snapdragon 660 dan 630. DSP ini dikatakan sanggup memroses gambar, komputasi, serat berbagai hal terkait machine learning tanpa memboroskan daya.

Vendor smartphone pemakai Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 juga bisa mengoptimalkannya untuk pemakaian TensorFlow dan Halide.

Soal konektivitas, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 dan transceiver SDR660RF. Modul ini sanggup menangani kecepatan download hingga 600 Mbps.

“Dengan peluncuran platform mobile Snapdragon 660 dan 630 ini, maka fitur perbaikan kualitas gambar dan kemampuan LTE yang cepat kini tersedia pada berbagai perangkat tanpa harus mengorbankan kinerja atau kualitas,” ujar Wakil Presiden Manajemen Produk Qualcomm, Kedar Kondap melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Rabu (10/5/2017).

Selain keunggulan yang telah disebutkan di atas, Qualcomm juga mengatakan bahwa Snapdragon 660 dan 630 memiliki peningkatan kemampuan yang cukup signifikan pada CPU dan GPU.

Qualcomm Snapdragon 660 memakai CPU Kryo 260 dengan peningkatan kinerja 20 persen dibanding Snapdragon 652 pendahulunya. Sedangkan pada GPU terdapat Adreno 512 yang membawa peningkatan kemampuan game hingga 30 persen.

Sementara itu Qualcomm Snapdragon 630 memakai GPU Adreno 508. Unit pemrosesan grafis ini menawarkan peningkatan kinerja 30 persen dibanding pada Snapdragon 625 terdahulu.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com