Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanding Pria, Wanita Dapat "Like" 5 Kali Lebih Banyak di Instagram

Kompas.com - 16/05/2017, 12:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang mendapat jumlah Like lebih banyak di Instagram, pria atau wanita? Sebuah studi yang dilakukan oleh Hopper HQ, perusahaan pembuat program penjadwalan posting Instagram, berusaha menjawab hal ini.

Studi yang dilakukan terhadap lebih dari satu juta akun Instagram itu menunjukkan, rata-rata, postingan dari pemilik akun wanita mendapatkan Like lebih banyak dibandingkan pria.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (16/5/2017), jumlah Like dan komentar yang didapat oleh akun wanita hampir lima kali lipat daripada yang didapat oleh postingan akun milik pria.

Studi tersebut dilakukan terhadap 1,2 juta postingan Instagram dari 4.000 akun. Postingan yang dibagikan oleh akun wanita memiliki rata-rata 578 Like dan komentar, dibandingkan 117 Like dan komentar milik akun pria.

Hopper HQ juga menyebut, akun Instagram milik wanita juga memiliki rata-rata jumlah komentar yang lebih banyak dibandingkan pria. Jumlahnya 170 berbanding 113.

Angka tersebut menunjukkan, interaksi di postingan Instagram pria lebih cenderung komentar daripada Like.

Penelitian tersebut juga menyebut semakin banyak pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan. Pengguna pria pada umumnya lebih banyak berinteraksi dengan posting-posting bernuansa olahraga dan kesehatan.

Lantas, postingan seperti apa yang mendapat banyak Like? Ternyata, postingan terkait pengalaman  pribadi, misalnya seperti postingan foto jalan-jalan atau pengalaman turun berat badan.

Foto Instagram tentang binatang berada di urutan kedua terpopuler, lantas diikuti dengan foto-foto pemandangan di urutan ketiga terpopuler.

Teks atau caption foto juga dikatakan menjadi elemen penting. Teks yang terlalu panjang, yang membuat orang klik "see more" untuk membacanya, memiliki persentase Like 15 persen lebih sedikit. Sementara caption dengan tambahan emoji cenderung mendapatkan interaksi lebih tinggi.

Jangan lupakan pula tanda tagar (hashtag) untuk mendapatkan lebih banyak interaksi.

Baca: Posting Instagram Kini Bisa dari Web, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com