Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana Jelang "Pesta" Teknologi Google I/O 2017

Kompas.com - 17/05/2017, 23:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Antrean panjang mengular di pintu masuk area Shoreline Amphitheater di Mountain View, California, Amerika Serikat. Tak kurang dari 7.000 developer, 400 jurnalis, dan Googlers dari seluruh belahan dunia hendak “berpesta” dalam ajang “Google I/O 2017”.

Pantauan jurnalis KompasTekno, Fatimah Kartini yang hadir di acara, antrean mulai terbentuk pukul 08.00 waktu setempat atau sekitar pukul 22.00 WIB, Rabu (17/5/2017).

Ajang Google I/O sendiri dijadwalkan mulai pukul 10.00 waktu setempat atau 00.00 WIB, dengan dibuka oleh main keynote dari CEO Google, Sundar Pichai.

Ini adalah kali ke-11 raksasa teknologi Google menggelar Google I/O. Bagi developer dan jurnalis teknologi, menghadiri hajatan ini adalah suatu kemewahan yang kerap diungkapkan secara hiperbolik sebagai “naik hajinya tech savvy”.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Suasana di gelaran Google I/O di kantor Google di Mountain View, AS.
Bagaimana tidak, para peserta Google I/O selama tiga hari bakal menghimpun banyak informasi soal proyek-proyek yang sedang dikerjakan Google, sebelum dirilis.

Tak cuma itu, mereka juga bisa mejajal produk-produk Google dalam sesi “Sandbox”, serta bertanya langsung kepada para ahli tentang kiat mengembangkan layanan internet yang baik melalui sesi “Code Lab”.

Lebih dari 200 workshop dipersiapkan Google untuk memenuhi hasrat ingin tahu para pecinta teknologi.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Suasana jelang ajang tahunan Google I/O di kantor pusat Google di Mountain View
Adapun informasi yang paling ditunggu-tunggu selama Google I/O adalah pengumuman Android versi baru, pengembangan fungsi machine learning dan artificial intelligence, Virtual Reality, hingga solusi untuk enterprise.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com suasana jelang Google I/O di kantor pusat Google di Mountain View, AS.
Tahun ini, Google I/O akan lebih fokus membahas soal pemanfaatan machine learning (ML) untuk semua orang. Dari sisi masyarakat umum, pengembangan ML akan membuat produk-produk seperti Search, Translate, Photos, Maps, dan lainnya lebih fungsional dan memudahkan kehidupan sehari-hari.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Suasana di luar Amphiteather di markas Google di Mountain View jelang acara pembukaan Google I/O 2017
Dari sisi developer, ML menjadi alat untuk menggodok aplikasi atau produk yang relevan bagi masyarakat modern.

Dari sisi hardware, ML digadang-gadang sebagai kunci untuk yang meningkatkan kecerdasan perangkat. Sementara itu, untuk solusi enterprise, fungsi ML lebih kepada penunjang performa cloud dan sistem komputasi secara utuh.

Intinya, Google I/O tak ubahnya arena belajar, bersosialisasi, dan bersuka ria untuk merayakan inovasi teknologi. Seperti apa keseruan selama Google I/O dan hal-hal menarik di dalamnya?

Ikuti terus laporan KompasTekno langsung dari lokasi.

Baca: Suasana Jelang Pesta Teknologi Google I/O 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com