Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Printer Baliho" Terbaru HP Dijual Rp 2,6 Miliar

Kompas.com - 18/05/2017, 17:43 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) merilis printer baliho, atau printer format lebar terbarunya, Latex 1500 untuk pasar Indonesia. Printer tersebut resmi diluncurkan dalam acara di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Printer HP Latex 1500 memiliki ukuran panjang 3,2 meter. Printer ini bisa digunakan untuk membuat cetakan berukuran lebar, seperti banner dan baliho. Printer tersebut juga bisa digunakan untuk mencetak PVC banner, self-adhesive vinyl, teksil, maupun cetakan bolak-balik.

Tidak hanya besar. HP mengklaim bahwa printer ini mampu mencetak dengan cepat, mencapai 74 meter persegi setiap jamnya untuk kualitas cetakan outdoor. Sementara itu, untuk kualitas cetakan indoor, Latex 1500 berkecepatan cetak 45 meter persegi dalam satu jam.

"Bayangkan jika ada ruangan sebesar 45 meter persegi. HP Latex 1500 bisa mencetak wallpaper untuk ruangan sebesar itu hanya dalam waktu satu jam saja," tutur Andy Hidayat, HP Large Format Production Business Manager untuk Indonesia dalam acara peluncuran tersebut.

Selain mencetak di kertas berukuran 3,2 meter, HP Latex 1500 bisa mencetak di dua kertas berukuran masing-masing 1,6 meter sekaligus. Tentunya, ini bisa menghemat waktu cetak.

"HP Latex 1500 dilengkapi teknologi dual roll. Artinya, bisa print kertas 1,6 meter di sebelah kanan dan 1,6 meter di sebelah kiri. Bisa print gambar yang sama, bisa juga yang beda," kata Andy.

Ada juga teknologi yang disebut sebagai double-sided day-night kit. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mencetak double-sided backlit application secara otomatis untuk mencetak iklan luar ruang dengan akurasi warna tinggi apapun konsisi pencahayaan.

Deliusno/Kompas.com Tinta Latex, masing-masing bisa menampung 5 liter tinta

Printer HP Latex 1500 sendiri mendukung penggunaan tinta 7 warna. Banyaknya tinta yang mampu ditampung oleh masing-masing warna dalam satu wadah adalah 5 liter. Artinya, printer tersebut bisa menampung 35 liter tinta sekaligus.

Cetak jarak jauh

Selain itu, HP Latex 1500 bisa terhubung ke internet. Nantinya, pengguna bisa memantau kinerja printer dari jarak jauh.

"Misalnya pemilik ada di Amerika, ia bisa lihat kondisi printer langsung dari ponsel, asalkan terhubung ke internet," ujar Andy.

HP Latex 1500 dijual dengan harga Rp 2,6 miliar. Perangkat tersebut bisa dibeli melalui distributor PT Aneka Warna Indah.

Deliusno/Kompas.com HP Latex 1500 sudah dilengkapi komputer

Tinta Latex

Lebih lanjut, Andy menjelaskan bahwa HP Latex 1500 menggunakan tinta berjenis Latex. Pada dasarnya, tinta tersebut berbasiskan air yang dilengkapi dengan tinta warna.

"Cara kerjanya, tinta akan dikasih pemanas, kemudian airnya menguap. Tinggal tintanya yang tersisa di kertas," kata Andy lagi.

Tinta tersebut dikatakan mampu tahan lama dan juga memiliki kualitas yang baik. Ia tidak mudah tergores. Selain itu, tinta Latex dikatakan jauh lebih aman dibandingkan tinta yang mengandung Solvent, yang banyak beredar di pasaran.

Menurut HP, tinta dengan kandungan Solvent sejatinya sangat berbahaya, terutama untuk kesehatan. Solvent sendiri terdiri dari kandungan bahan kimia yang berbahaya dan tingkat polutan yang tinggi. Tugasnya adalah untuk melarutkan tinta.

"HP sudah berhenti mengembangkan tinta dengan Solvent sejak 2008. Sekarang lebih banyak mengembangkan tinta Latex (untuk printer besar) yang aman digunakan," ujar Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com