Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gencar Promosi, Oppo dan Vivo Naik Jauh

Kompas.com - 24/05/2017, 07:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Seperti sebelum-sebelumnya, Samsung dan Apple masih menduduki dua urutan teratas pabrikan smartphone terbesar di dunia.

Namun, informasi terbaru dari lembaga riset pasar Gartner menunjukkan bahwa pabrikan-pabrikan China, yakni Huawei, Oppo, dan Vivo, mulai mengejar keduanya di kancah global.

Baik Huawei, Oppo, dan Vivo sama-sama mengalami kenaikan penjualan global yang relatif tinggi dibandingkan tahun lalu. Direktur riset Gartner Anshul Gupta mengungkapkan alasannya dalam laporan yang dilansir oleh Gartner.

Baca: Sama-sama Andalkan Kamera Selfie, Vivo Tak Takut Bersaing dengan Oppo

“Ketiga pabrikan smartphone China di urutan teratas ini mendorong penjualan dengan smartphone berkualitas dan mengusung berbagai inovasi fitur dengan harga terjangkau,” komentar Gupta dalam laporannya.

“Pemasaran agresif dan promosi penjualan berhasil membuat merek-merek ini mengambil porsi penjualan brand lain di pasaran seperti India, Indonesia, dan Thailand,” lanjut dia.

Oppo, yang berada di posisi empat, mengalami kenaikan penjualan global hampir dua kali lipat dari kisaran 15 juta unit menjadi 30 juta unit. Pangsa pasarnya terdongkrak menjadi 8,1 persen dari setahun sebelumnya 4,6 persen.

Demikian juga halnya dengan Vivo (posisi lima) yang mencatat kenaikan penjualan dari kisaran 14 juta unit menjadi 25 juta unit. Pangsa pasarnya naik dari 4 persen di tahun lalu menjadi 6,8 persen.

Huawei nomor tiga

Laporan kuartal pertama 2017 dari Gatner mengungkapkan bahwa Huawei yang duduk di urutan ketiga mengalami kenaikan penjualan unit menjadi kisaran 34 juta unit, dari 28 juta unit di kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pangsa pasar Huawei pun mengalami kenaikan dari 8,3 persen pada kuartal-I 2016 menjadi 9 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Rabu (24/5/2017).

Sebaliknya, penjualan Samsung tercatat menurun dari kisaran 81 juta unit menjadi 78 juta unit, dengan penurunan pangsa pasar dari 23,3 persen menjadi 20,7 persen.

Baca: Apa Kesamaan Oppo, Vivo, dan OnePlus?

Di urutan kedua, penjualan Apple tercatat relatif tak berubah di kisaran 51 juta unit, namun pangsa pasarnya menurun dari 14,8 persen menjadi 13,7 persen.

Gartner Tabel penjualan smartphone global pada kuartal-I 2017, menurut lembaga riset pasar Gartner.

Baca: Apa Kesamaan Oppo, Vivo, dan OnePlus?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com