Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Di-"Googling" Orang Indonesia di Bulan Ramadan?

Kompas.com - 24/05/2017, 13:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Ramadan 2017, Google merilis hasil riset dan prediksi perilaku konsumen Indonesia selama Ramadan tahun lalu.

Riset yang dmaksud berkutat pada aktivitas pengguna YouTube dan mesin pencari Google selama Ramadhan 2016 lalu. Hasilnya digunakan untuk memprediksi kemungkinan perilaku konsumen pada Ramadan 2017.

Dari riset tersebut, Google menemukan bahwa dalam periode Ramadhan orang-orang cenderung lebih banyak beraktivitas menggunakan ponselnya. Aktivitas ini antara lain googling atau menggunakan situs pencari Google untuk mencari resep berbuka puasa, ide kado Lebaran, hingga berbelanja.

“Bahkan orang-orang yang biasanya tidak belanja online akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadhan. Bagi pengiklan tentu ini merupakan momen yang penting,” ujar Head of E-Commerce Google Indonesia, Henky Prihatna melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Rabu (24/5/2017).

Berdasarkan perilaku konsumen pada 2016, Google juga merangkum sejumlah prediksi perilaku yang akan muncul pada Ramadhan 2017 ini. Berikut ini rinciannya.

1. Mencari informasi

Orang-orang akan memakai Google Search untuk  mendapatkan informasi dan inspirasi yang berkaitan dengan Ramadhan. Berkaca pada tahun lalu, tren ini diyakini bakal makin besar. Indikatornya adalah adanya kenaikan penelurusan sebesar 28 persen pada 2016 jika dibandingkan 2015.

2. Belanja produk baru

Indikatornya, pada tahun 2016, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler sebesar 1,8 kali lipat. Hal serupa diprediksi akan terjadi di tahun ini.

3. Mencari kartu kredit

Pada tahun 2016, penelusuran terkait pembayaran lewat cicilan meningkat sebesar 1,6 kali lipat, sementara promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat.

Hal serupa diprediksi akan terjadi tahun ini. Orang-orang akan cenderung mencari dan memakai kartu kredit karena pengeluaran menggunakan uang tunai sudah besar.

4. Mencari promo dan diskon

Penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon memuncak saat Ramadan. Misalnya, penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR (tunjangan hari raya), dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen.

5. Merencanakan perjalanan

Berdasarkan tren penelusuran, pemudik di Indonesia merencanakan perjalanan mudik dengan kereta sekitar 3 bulan sebelum Ramadan, sementara bus dan penerbangan domestik dimulai sekitar 2 bulan sebelumnya.

Baca: Lebaran Tahun Ini, Telkomsel Bisa Layani Data 1,6 Terabyte Per Detik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com