Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tahun "Drop Out", Mark Zuckerberg Akhirnya Wisuda

Kompas.com - 26/05/2017, 11:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg, keluar dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, tanpa menyandang gelar sarjana pada 2005 silam. Ia memilih drop out karena ingin fokus mengembangkan jejaring sosial Facebook.

Kini, setelah kira-kira 12 tahun, Zuckerberg kembali ke universitas yang menjadi saksi bisu perjuangannya mendirikan Facebook. Ia akhirnya diwisuda dengan gelar kehormatan atau kerap disebut Honoris Causa.

Antusiasme Mark Zuckerberg tampak di laman Facebook personalnya. Sejak beberapa hari lalu, ia mengunggah foto-foto kunjungan ke Harvard hingga video Live tur ke kamar asramanya dulu.

Baca: Live di Facebook, Zuckerberg Pamer Bekas Kamar Asrama di Harvard

Pada Kamis (25/5/2017) kemarin, Mark Zuckerberg pun mengunggah foto dirinya dengan jubah dan toga wisuda beserta ijazah. Ia foto bersama ibu dan bapaknya dengan senyum bahagia.

“Ibu, saya selalu bilang padamu bahwa saya akan kembali (ke Harvard) dan meraih gelar,” begitu keterangan foto yang diunggah, sebagaimana dihimpun KompasaTekno, Jumat (26/5/2017) dari laman Facebook personal Mark Zuckerberg.

Foto itu diganjar 1,9 juta reaksi dari netizen dan dibagi lebih dari 64.000 kali. Banyak netizen yang menghanturkan selamat, rasa bangga, dan kekaguman pada Zuckerberg.

Pada acara kelulusan mahasiswa Harvard kelas 2017, Zuckerberg pun didaulat memberikan pidato. Ia mengimbau para milenial agar selalu setia dan fokus pada tujuan dan menciptakan ekosistem lingkungan yang punya tujuan.

“Sebagai milenial, menemukan tujuan saja tak cukup. Tantangannya untuk generasi ini adalah menciptakan dunia di mana semua orang memiliki tujuan,” ia menuturkan.

“Itu adalah kunci dari kebahagiaan sejati dan satu-satunya cara untuk membuat masyarakat kita maju,” ia menambahkan.

Baca: Video Reaksi Zuckerberg Kecil Saat Diterima Kuliah di Harvard

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com