Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Rilis ZenBook Flip S, Laptop Tertipis di Dunia

Kompas.com - 30/05/2017, 11:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Para pabrikan PC berlomba-lomba menciptakan laptop dengan bodi paling langsing. Setelah Acer Swift 7 dan HP Spectre X360, kini giliran Asus mengklaim “gelar” tersebut dengan produk bernama ZenBook Flip S.

Diperkenalkan pada awal pekan ini di Taipei, Taiwan, ZenBook Flip S diklaim sebagai laptop convertible tertipis di dunia. Ketebalannya hanya 10,9 mm.

Sebagai perbandingan, HP Spectre X 380 memiliki ketebalan 13,8 mm, Macbook Air 17 mm, sementara MacBook (12 inci) 13,1 mm.

Bobot ZenBook Flip S pun tergolong sangat ringan untuk ukuran laptop, yakni 1,09 kg. Namun masih lebih berat dibandingkan MacBook (12) inci yang bobotnya hanya di kisaran 900 gram.

Layaknya laptop tipis modern, meski fisiknya ramping, ZenBook Flip S memiliki jeroan bertenaga. Dapur pacunya diperkuat prosesor Intel Corei7-7500U atau Core i5-7200U yang dipasangkan dengan RAM 16 GB atau 8 GB.

Pilihan kapasitas media penyimpanan yang tersedia adalah 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Ketiganya merupakan tipe storage solid state drive (SSD), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (30/5/2017).

Asus ZenBook Flip S diklaim sebagai laptop tertipis di dunia dengan ketebalan 10,9mm.

Adapun layar touchscreen ZenBook Flip S berukuran 13,3 inci dengan opsi resolusi 4K (3.840 x 2.160 piksel) atau full-HD (1.920 x 1.080 piksel).

Layaknya laptop convertible, layar ZenBook Flip S bisa ditekuk hingga rapat dengan bodi untuk berfungsi layaknya tablet. Sebuah aksesori pena stylus bernama Asus Pen disediakan untuk menggambar di layar.

Fitur lain termasuk dua port USB 3.1, touchpad berlapis kaca, pemindai sidik jari, keyboard full-size dengan backlight, serta sistem mikrofon yang kompatibel dengan asisten digital Cortana.

Bodi ramping dan spesifikasi mumpuni dari ZenBook Flip S mesti ditebus dengan harga mahal. Banderol perangkat ini dipatok mulai 1.099 dollar AS atau sekitar Rp 14,7 juta.

Baca: Microsoft Bikin Surface Laptop Pembunuh MacBook Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com