Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Punya iPad Bikinan Sendiri

Kompas.com - 01/06/2017, 08:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Meski mengisolasi diri dari dunia luar, negeri komunis Korea Utara dikenal mampu menelurkan sejumlah produk teknologi seperti gadget dan komputer.

Salah satu perangkat terbaru dari negeri pimpinan Kim Jong Un itu berupakan tablet bikinan perusahaan lokal Ryonghung. Nama sang tablet terbilang menarik, yakni iPad.

iPad sebenarnya merupakan merek dagang Apple yang berlaku internasional. Ryonghung agaknya tidak tahu itu, atau malah tidak ambil peduli karena Apple toh tidak akan berupaya masuk ke Korea Utara. Apalagi menuntut hak atas merek dagangnya di sana.

Kendati namanya sama, tablet Ryonghung memiliki tampilan yang sama sekali tidak mirip dengan iPad besutan Apple. Tampangnya lebih mirip netbook jadul dengan layar kecil dan papan ketik.

Tablet ini bisa melakukan berbagai fungsi seperti membaca informasi digital, pekerjaan kantor, dan dokumentasi dari sumber-sumber berbeda. Tablet juga dibekali lebih dari 40 aplikasi,” tulis Ryonghung dalam promosi iPad berbahasa Inggris.

Spesifikasi teknisnya mencakup prosesor quad-core 1,2 GHz, RAM 2 GB, media penyimpanan 8 GB, berikut kabel HDMI, dan koneksi jaringan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (1/6/2017).

Sistem operasinya tidak diketahui, tapi kemungkinan berbasis Android seperti sebuah tablet sebelumnya yang pernah muncul pada 2013 dan memiliki spesifikasi serupa.

Korea Utara bukan sekali ini saja meniru produk Apple secara terang-terangan. Beberapa tahun lalu, misalnya, sebuah perusahaan Korea Utara diketahui memamerkan komputer mirip iMac di sebuah pameran dagang di ibukota Pyongyang.

Lalu, Korut pernah pula diketahui membuat OS desktop bernama “Red Star 3.0” yang memiliki tampilan mirip sistem operasi Mac OS X.

Baca: Korea Utara Hanya Punya 28 Situs Web

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com