Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reparasi Layar iPhone Bakal Lebih Mudah berkat Mesin Ini

Kompas.com - 08/06/2017, 17:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pada akhir 2017, perbaikan layar iPhone diyakini bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa antrean panjang. Hal ini berkat keputusan Apple untuk menyebarkan alat khusus perbaikan resmi bernama Horizon Machine ke berbagai toko retail dan kios perbaikan miliknya.

Rencananya, dalam beberapa bulan mendatang Apple bakal mengirimkan Horizon Machine ke sekitar 200 gerai perbaikan iPhone milik pihak ketiga di 25 negara. Apple juga berniat memperbanyak jumlah tersebut hingga dua kali lipat pada akhir tahun ini.

Salah satu gerai yang bakal lebih dulu mendapatkan Horizon Machine itu adalah jaringan ritel Best Buy. Mereka akan meletakkan satu mesin perbaikan layar tersebut di toko sekitar Miami dan satu lagi di toko sekitar Sunnyvale, California.

Horizon Machine diperlukan untuk memperbaiki layar iPhone. Ia juga bisa digunakan untuk kerusakan yang rumit, misalnya ketika sensor sidik jari di sekitar layar bermasalah alias tidak bisa digunakan oleh pengguna.

Hanya mesin tersebutlah yang bisa memerintahkan prosesor Apple untuk mengenali dan membuat sensor sidik jari pengganti bekerja. Dengan begitu, tukang reparasi tidak membutuhkan sidik jari pengguna lagi jika ingin memperbaiki perangkat.

Selama ini dirahasiakan

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Reuters, Kamis (8/6/2017), selama ini Apple sendiri selalu menutupi keberadaan Horizon Machine. Bahkan raksasa teknologi itu merahasiakan desainnya dan melarang pemakaian mesin tersebut di lebih dari 500 toko ritel dan gerai perbaikan iPhone berlisensi resmi.

Namun seiring dengan diundangkannya hak perbaikan di delapan negara bagian AS, kebijakan Apple soal perbaikan layar dan teknologi Horizon Machine berubah.

Aturan hak untuk memperbaiki itu memang dibuat untuk membuka rahasia jaringan perbaikan perangkat yang selama ini dikendalikan dengan sangat ketat oleh Apple serta perubahan teknologi mutakhir lainnya.

Apple mengatakan perubahan kebijakannya mengenai teknologi perbaikan layar itu tidak berkaitan dengan adanya aturan mengenai hak untuk memperbaiki. Kendati demikian, hingga saat ini, raksasa teknologi itu tidak pernah secara formal mengakui keberadaan Horizon Machine.

“Kami hanya sedang berusaha memperluas jangkauan perusahaan,” ujar Senior Director of Service Operation Apple, Brian Naumann, memberi alasan.

Baca: Nenek 82 Tahun Bikin Game, Dapat Beasiswa dari Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com