Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pastikan Stop Dukung Smartphone Nexus dan Pixel

Kompas.com - 12/06/2017, 15:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET


KOMPAS.com - Google telah mengumumkan rencananya untuk berhenti memberikan dukungan pada perangkat Nexus dan Pixel. Penghentian tersebut akan mulai dilakukan 2018 mendatang.

Setelah Google menghentikan dukungannya, pengguna perangkat Nexus dan Pixel tidak lagi bakal mendapatkan layanan bantuan secara online atau melalui telepon.

Selain itu, Nexus dan Pixel juga tidak lagi mendapat pasokan pembaruan software dan keamanan sama sekali. Setidaknya ada beberapa seri yang bakal berhenti mendapat dukungan, yakni Nexus 5X, 6, 6P, 9, serta Pixel dan Pixel XL.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (12/6/2017), penghentian dukungan tersebut memang sudah lazim. Pada saat peluncuran Nexus dan Pixel sendiri, Google telah mengatakan akan terus memberikan dukungan software, layanan bantuan online serta telepon selama minimal dua tahun.

Janji tersebut ditepati oleh Google. Nexus 5X yang dibuat oleh LG dan Nexus 6P yang dibuat oleh Huawei tidak akan mendapat dukungan lagi setelah September 2018.

Nexus 6 dan 9, yang lebih lawas, sudah tidak mendapatkan pembaruan software tapi masih bisa mendapatkan pembaruan keamanan hingga Oktober 2017 ini.

Sedangkan Pixel dan Pixel XL, yang diluncurkan pada 2016 lalu, masih bisa mendapatkan pembaruan software Android hingga Oktober 2018. Namun pasca tanggal tersebut, Pixel dan Pixel XL hanya akan mendapatkan pembaruan keamanan saja.

Pembaruan keamanan untuk Pixel dan Pixel XL akan dihentikan pada Oktober 2019, bersamaan dengan dihentikannya dukungan layanan bantuan online dan telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com