Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket.com Resmi Diakuisisi Blibli

Kompas.com - 15/06/2017, 17:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Blibli.com resmi mengakuisisi portal pemesanan tiket online Tiket.com. Akuisisi tersebut diumumkan di sela acara Buka Bersama Media di Senayan City, Kamis (15/6/2017).

"Sekarang kami umumkan secara official, (Tiket.com) resmi diakuisisi 100 persen oleh Blibli.com. Kenapa? Soalnya mereka mirip banget dengan kami. Satu hal berbeda adalah soal duitnya," tutur Gaery Undarsa, co-founder sekaligus Chief Communication Officer Tiket.com.

"Akuisisinya kami sepakat untuk melakukannya dengan rupiah. Tapi soal jumlahnya, kami tidak bisa mengungkapnya," imbuhnya.

Soal bisnis ke depan, CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan bahwa keduanya akan bersinergi. Kedua perusahaan akan menyatukan berbagai aspek yang bisa disatukan, namun juga tetap membicarakan sejumlah aspek terpisah.

Yoga Hastyadi/KOMPAS.com Foto: (ki-ka) Rama Mamuaya dari Dailysocial sebagai moderator, Co-Founder dan Chief Communication Officer Tiket.com Geary Undarsa, CEO Tiket.com George Hendrata, dan CEO Blibli.com Kusumo Martanto saat pengumuman akuisisi Tiket.com oleh Blibli di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

"Kalau soal kerja sama kan sudah lama. Jadi kami sudah kebayang ke depannya akan melakukan atau membuat produk apa, kalau ada yang bisa disatukan ya kami satukan. Kalau tidak ya kami biarkan berjalan terpisah," terang Kusumo.

Tiket.com merupakan perusahaan tiket online yang didirikan oleh Geary bersama dengan Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Natali Ardianto pada Agustus 2011 silam.

Sejak awal masa pendiriannya, Tiket.com telah mengembangkan berbagai layanan tiketing, mulai dari event, penerbangan lokal dan internasional, kereta, hingga penyewaan mobil.

Sedangkan Blibli.com merupakan situs e-commerce yang didirikan pada Juli 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN), yang merupakan anak perusahaan PT Global Digital Prima (GDP) milik Martin Hartono.

PT Global Digital Prima (GDP) merupakan bagian dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Djarum Group. Selain itu, grup ini juga menjadi pemegang saham beberapa bisnis online seperti situs Kaskus, lintasberita.com yang kini menjadi Beritagar.id, dailysocial.net, dan inkubator Merah Putih Inc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com