Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Axioo Incar Pasar PC untuk Sektor Pendidikan

Kompas.com - 15/06/2017, 19:48 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi, industri PC atau komputer terus menurun dalam beberapa tahun belakangan ini. Pasar tersebut makin tergerus oleh smartphone.

Meski begitu, Axioo, pemain lama di Indonesia, masih melihat ada peluang besar di industri komputer. Salah satunya di sektor pendidikan.

Menurut Product Manager Notebook Axioo Aam Imanullah, peluang penjualan komputer terbuka lebar saat menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Aam mengungkapkan, masih banyak sekolah belum siap untuk menggelar ujian seperti itu karena laptop yang belum tersedia.

"Untuk UNBK, berapa sekolah yang sudah sanggup (dengan perangkat komputer atau laptop)? Baru berapa persen sih?" tanya Aam.

"Misalkan ada 100 sekolah saja, peluangnya tentu masih ada," ujar Aam.

Akan tetapi, Axioo sendiri menyatakan masih belum memikirkan promosi khusus untuk sektor pendidikan. Pasalnya, Axioo memiliki produk dengan harga yang dianggap relatif terjangkau.

"Axioo punya laptop dengan harga di bawah Rp 3 juta," kata Aam.

Laptop yang dimaksud adalah seri MyBook 11. Perangkat yang satu ini dibekali dengan layar 11 inci beresolusi 1.366 x 768 piksel.

Selain itu, ada prosesor Intel Cherry Trail x5-Z8350 yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 2 GB DDR3L dan baterai 10.000 mAh. Dari segi penyimpanan, MyBook 11 dilengkapi sistem Hybrid, yakni penyimpanan eMMC 32 GB dan harddisk hingga 1 TB.

Untuk ke depannya, Axioo juga akan menambah "amunisi" baru untuk pasar pendidikan. Menurut Aam, ada dua produk baru yang dipersiapkan, yakni laptop dengan layar 10 inci dan 14 inci. Keduanya dijanjikan akan hadir juga dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com