Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Berbagi Lokasi Pakai WhatsApp saat Mudik

Kompas.com - 19/06/2017, 11:29 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Dalam perjalanan mudik, kita bisa saja terpisah dari anggota keluarga atau rombongan mobil. Ada juga momen di mana sedang janjian dengan teman perjalanan, tetapi tidak mengetahui lokasi pasti dari tempat bertemu.

Masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan mudah. Yang dibutuhkan oleh Anda hanyalah smartphone dan juga aplikasi WhatsApp.

Loh, bukankah WhatsApp itu aplikasi untuk berkirim pesan alias chatting? Kok bisa digunakan untuk mencari lokasi teman?

WhatsApp ternyata memiliki fitur untuk berbagi lokasi ke contact lain. Fitur tersebut dimungkinkan dengan memanfaatkan kemampuan smartphone masa kini yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS.

Menariknya, seperti fitur-fitur lain yang ada di WhatsApp, kemampuan berbagi lokasi ini cross-platform. Artinya, layanan ini bisa digunakan antar-perangkat smartphone yang berbeda sistem operasi. Contohnya, dari WhatsApp di perangkat Android ke iOS, begitu juga dengan sebaliknya.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?

Bagi pengguna Android, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, mulai percakapan dengan pengguna yang ingin dibagikan lokasi Anda.

Setelah itu, tekan tombol attachment berbentuk klip kertas. Biasanya, tombol tersebut ada di kotak chat atau percakapan. Setelah diklik, langsung saja tekan "Location".

Apabila Anda menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, akan keluar sebuah kotak pertanyaan yang intinya sistem meminta izin untuk mengakses lokasi Anda (GPS). Klik saja "Allow".

Terakhir, klik saja "Send your current location".

Sementara itu, bagi pengguna iPhone, langkah pertama pastinya adalah membuka aplikasi WhatsApp, kemudian memulai percakapan dengan pengguna yang ingin Anda bagikan lokasinya.

Kemudian, klik tombol "+" yang ada di sebelah kiri kotak percakapan dan pilih "Location". Sama seperti versi Android, apabila fitur ini dilakukan pertama kali, klik Allow untuk mengizinkan sistem mengakses lokasi. Terakhir, klik "Send" lokasi.

Di sisi penerima, akan melihat attachment berbentuk peta. Itulah lokasi yang dibagikan oleh si pengirim.

Format attachment tersebut bisa diklik. Jika diklik, penerima akan diarahkan ke aplikasi peta default yang sudah dipilih (Android ke Google Maps, iOS ke Apple Maps). Di aplikasi Google Maps, pengguna bisa menekan "Go to Direction" untuk mengarahkan ke teman yang berbasi lokasi.

Pengguna iOS pun bisa diarahkan ke Google Maps langsung dari Apple Maps. Caranya, tekan saja tombol panah ke atas, di sebelah kotak "Maps". Setelah itu tekan "Open in Google Maps".

Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com