Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Layanan "Streaming" Musik supaya Mudik Tak Membosankan

Kompas.com - 19/06/2017, 19:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan mudik yang jauh dan diselingi macet kerap jadi membosankan. Untungnya, dengan kemajuan teknologi, ada berbagai cara untuk mengusir kebosanan, misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu favorit yang disusun dalam sebuah playlist.

Saat ini, Anda sudah tidak perlu menghabiskn waktu berjam-jam untuk mengunduh lagu dan membuatnya dalam bentuk playlist.

Pengguna tinggal memanfaatkan layanan music streaming untuk melakukan hal tersebut. Selain lebih cepat dan lengkap, layanan seperti menyediakan lagu secara legal alias bukan bajakan.

Layanan semacam ini memang memanfaatkan koneksi internet. Namun, jika tidak ingin memangkas kuota utama, pengguna bisa memanfaatkan paket data khusus musik dari operator telekomunikasi tertentu. Paket tersebut tidak akan memangkas kuota internet utama, melainkan kuota data khusus untuk aplikasi streaming musik tertentu.

Saat ini, ada berbagai aplikasi music streaming yang beroperasi secara resmi di Indonesia. Berikut ini, empat layanan yang KompasTekno pilih untuk menemani perjalanan mudik Anda.

1. Spotify

Spotify hadir dalam versi gratis dan juga berbayar. Pada versi gratis, lagu yang ada disisipi oleh iklan. Pengguna juga tidak bisa skip atau melewati lagu dalam playlist. Kualitas musik pun tidak bisa dipilih yang teratas. 

Pada layanan berbayar, pengguna bisa mendengarkan semua koleksi lagu yang ada, mendapatkan fitur streaming dengan kualitas HD (320 kbps), dan skip lagu di playlist.

Bukan itu saja fitur yang menarik. Spotify mengizinkan Anda membuat playlist yang bisa dibagikan melalui WhatsApp dan dibuka untuk kolaborasi, sehingga bisa dipakai untuk membuat playlist bersama.

Nah, sebelum mudik siapkanlah sebuah playlist yang dibuka untuk kolaborasi dan bagikan dengan keluarga atau teman seperjalanan. Minta mereka untuk memasukkan lagu kesukaannya ke dalam playlist itu. Berikutnya, sambungkan ke perangkat audio di mobil untuk mendengarnya bersama.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk diunduh di Android dan iOS.

2. Joox

Joox merupakan aplikasi streaming musik buatan perusahaan asal China, Tencent. Aplikasi ini juga menawarkan dua pilihan, yakni langganan gratis atau membayar biaya berlangganan.

Umumnya, Joox memiliki fitur serupa dengan aplikasi streaming musik lain, yakni memiliki fitur playlist, kurasi musik berdasarkan genre tertentu, dan opsi untuk membagikan playlist ke media sosial atau pesan instan.

Hal paling menarik dari Joox adalah lirik lagu. Setiap kali pengguna memainkan lagu tertentu menggunakan Joox, aplikasi akan otomatis mencari lirik lagu tersebut dan menampilkannya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com