Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Line Cerita Kelahiran Brown, Cony, dan Sally

Kompas.com - 20/06/2017, 11:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Siapa tak kenal karakter beruang imut Brown, bebek lucu Sally, dan kelinci Cony yang menggemaskan? Ketiganya merupakan tiga dari beberapa karakter yang dimiliki Line.

Pengguna aplikasi pesan instan Line bisa memakai stiker karakter-karakter itu untuk membuat percakapan lebih menyenangkan. Namun, bagaimanakah proses penciptaannya?

CEO Line, Takeshi Idezawa, menceritakan bagaimana karakter-karakter Line itu diciptakan. Menurut Idezawa, Line membuat karakter-karakter tersebut dari riset yang mendalam. Line juga mempekerjakan artis-artis ilustrator untuk membuat beragam karakter yang dirasa cocok.

Setelah karakter-karakter itu dirancang, Line melakukan sejumlah survei.

"Kami melakukan survei ke banyak orang yang mewakili berbagai kalangan," ujar Idezawa saat berbincang santai dengan sejumlah jurnalis dari Indonesia, termasuk KompasTekno, setelah ajang Line Conference 2017 diselenggarakan di Tokyo, Kamis (15/6/2017) lalu.

Baca: Choco Si Adik Brown Dikenalkan Line di Tokyo

Berbagai kalangan yang dimaksud Idezawa terdiri atas anak-anak muda, anak-anak sekolah, karyawan kantor, hingga ibu-ibu rumah tangga.

Unknya, jika survei-survei yang umum dibuat biasanya mengambil kesimpulan dari jumlah suara terbanyak, namun tidak demikian dengan Line.

"Kami tidak memilih karakter berdasar suara terbanyak, namun memilihnya berdasar karakter yang mewakili kalangan tertentu yang niche," ujar Idezawa.

Idezawa sendiri selaku CEO mengaku tidak terlibat dalam proses pembuatan dan pemilihan karakter Line. Ia menyerahkan semuanya kepada tim khusus yang memang mengerti latar budaya dan keragaman warga Jepang.

Strategi Line itu nampaknya berhasil. Terbukti karakter-karakter Line bukan hanya populer sebagai stiker pelengkap layanan messaging saja, melainkan merchandise-nya juga disukai banyak orang.

Lantas, siapa karakter favorit CEO Line? Idezawa menjawab Brown adalah karakter favoritnya. Terbukti ia selalu nampak mengenakan pin Brown di kerah baju jas yang ia pakai malam itu.

"Brown ini unik, wajahnya polos seperti tidak memiliki ekspresi, itu kenapa saya suka," kata Idezawa.

Baca: Ini Deretan Fitur Baru Line di 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com