Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Game Android dan iOS agar Perjalanan Mudik Tak Membosankan

Kompas.com - 23/06/2017, 15:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan mudik yang begitu panjang membutuhkan banyak selingan agar tidak membosankan. Selain mendengar musik atau menonton film, sebaiknya siapkan juga sejumlah game untuk dimainkan di smartphone.

Ada dua kategori game yang ada di smartphone berbasis Android dan iOS. Pertama adalah game yang hanya bisa dimainkan dengan menggunakan jaringan internet. Kategori kedua merupakan game yang tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Kategori ini penting untuk diingat. Jangan sampai, Anda tidak bisa memainkan satu game tertentu karena ternyata membutuhkan koneksi internet. Pasalnya, ada titik-titik tertentu di jalur mudik yang hanya mendapat sinyal seluler tanpa internet. Ada juga yang mendapat koneksi internet tapi lelet.

Untuk mempermudah pemilihan, berikut ini KompasTekno rangkum sejumlah judul game yang bisa dimainkan offline atau online. Ada game yang memang berbayar, ada juga bisa diunduh gratis.

Baca: Benarkah Ponsel Murah Sulit Mencari Sinyal GPS?

1. Kingdom Rush

Permainan ini bisa diunduh gratis melalui iOS App Store di tautan ini atau Google Play Store di tautan berikut ini. Game yang satu ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet.

Selain seri yang gratis, ada juga Kingdom Rush Origins dan Frontier yang bisa diunduh dengan biaya tertentu. Keduanya memiliki gaya permainan yang sama, yakni tower defense.

Sebagai gambaran, Anda bertugas untuk mendirikan menara-menara pertahanan dan menghalau musuh melewati titik tertentu. Serangan musuh terjadi dalam gelombang demi gelombang. Jika berhasil menghalau seluruh gelombang, maka Anda akan menang.

Memainkan Kingdom Rush di perjalanan mudik akan membuat Anda asyik sendiri, sehingga seolah lupa panjang dan macetnya perjalanan.

2. Heads Up

Permainan tebak kata ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet dan cocok untuk berdua atau beramai-ramai. Jika Anda mudik dengan keluarga atau memiliki kawan seperjalanan, unduhlah permainan sebelum memulai perjalanan.

Bentuk permainannya sederhana, Anda diminta untuk memilih tema lalu meletakkan ponsel di dahi. Hadapkan layar ke arah kawan sepermainan Anda.

Selanjutnya, layar ponsel akan menunjukkan sebuah kata secara acak. Kawan sepermainan yang melihatnya diminta untuk memberikan petunjuk sehingga Anda bisa menebak kata-kata itu dengan tepat.

Setiap ronde permainan memiliki batas waktu tertentu. Setelah habis, maka akan diperlihatkan kata-kata apa saja yang berhasil dijawab dan tidak berhasil dijawab.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com