Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Mulai Sebar Fitur Pencari Wi-Fi

Kompas.com - 01/07/2017, 08:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook mulai menyebar fitur "Find Wi-Fi" di aplikasi mobile-nya untuk Android dan iOS. Fitur "Find Wi-Fi" ini bertujuan untuk membantu pengguna mencari Wi-Fi publik yang bisa dipakai pengguna.

Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba oleh Facebook pada tahun lalu untuk perangkat Android dan iOS di negara tertentu saja. Namun kini, fitur "Find Wi-Fi" sudah tersedia di seluruh dunia. Facebook bakal merilisnya secara bertahap ke semua pengguna.

Fitur ini, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (1/7/2017), bisa diakses lewat Tab More di aplikasi mobile Facebook. Setelah memperbarui aplikasi, menu "Find Wi-Fi" bakal muncul dan pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu untuk memakainya.

Setelah itu, Facebook bakal menampilkan peta yang menunjukkan titik hotspot terdekat dalam radius tertentu, beserta detail informasi penyedia Wi-Fi gratis tersebut.

Baca: Facebook Siapkan Fitur untuk Fakir Wi-Fi

Penyedia Wi-Fi gratis juga harus mengedit dan mengklaim jaringan Wi-Fi mereka lebih dulu agar bisa ditampilkan di peta Wi-Fi Facebook. Mereka bisa melakukannya di halaman Facebook Page mereka.

Menurut Facebook, fitur ini berguna bagi pengguna yang sering bepergian, terutama saat berada di area yang data selulernya tidak bisa diandalkan.

Di negara-negara berkembang, fitur ini berguna bagi mereka yang memiliki paket data terbatas, atau saat berada di area blankspot tidak ada sinyal.

Inisiasi pencari Wi-Fi dari Facebook ini merupakan langkah lain agar penggunanya lebih sering membuka aplikasinya, setelah Facebook merilis inisiasi Internet.org di negara-negara berkembang beberapa tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com