Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Siapkan "WhatsApp" Versi Video?

Kompas.com - 06/07/2017, 15:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook dikabarkan sedang mengembangkan sebuah aplikasi group chat dalam bentuk video, yang diberi nama Bonfire. Aplikasi ini pada dasarnya mirip WhatsApp, bisa dipakai membuat grup percakapan, namun dalam bentuk video.

Raksasa media sosial tersebut dikabarkan sempat menunjukkan cara kerja aplikasi ini kepada karyawan-karyawannya.

Kabar yang beredar menyebutkan Facebook berencana untuk meluncurkan Bonfire pada paruh kedua tahun ini. Namun pihak Facebook sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi apa pun.

“Kami belum bisa memberi informasi apa-apa untuk sementara waktu ini,” demikian jawaban juru bicara Facebook saat ditanya mengenai keberadaan Bonfire.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (6/7/2017), Bonfire buatan Facebook memiliki unsur-unsur serupa dengan aplikasi lain bernama Houseparty.

Houseparty merupakan aplikasi group chat dalam bentuk video dan telah menjaring 1,2 juta orang pengguna per November 2016 lalu. Aplikasi ini dibuat oleh Life on Air, yakni perusahaan yang didirikan oleh Ben Rubin.

Selain Houseparty, Life on Air juga dikenal membuat aplikasi streaming Meerkat. Namun aplikasi Meerkat telah ditutup sejak 2016 lalu karena kalah bersaing dengan raksasa-raksasa seperti Facebook, Twitter dan lainnya.

Bagi Facebook keberadaan Houseparty merupakan ancaman. Apalagi mengingat bahwa pertumbuhan penggunanya, terutama dari kalangan remaja, terlihat cukup pesat.

Ancaman serupa sempat menimpa Facebook ketika mereka mendapat saingan dari Snapchat. Raksasa media sosial itu kemudian berusaha membeli Snapchat, dan begitu ditolak langsung mengubah langkah dengan membuat kloning aplikasi tersebut.

Ada bocoran juga yang menyebut Bonfire merupakan kloning Houseparty. Detil mengenai kemiripan itu masih belum jelas sehingga saat meluncur nanti bisa saja akan ada suatu perubahan.

Namun satu hal yang bisa dipastikan adalah keberadaan Bonfire akan menjadi ancaman berat bagi aplikasi group chat berbentuk video buatan Rubin. Mirip seperti yang terjadi pada Snapchat.

Baca: Penduduk Tembus 2 Miliar, Facebook Masih Jadi Medsos Terbesar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com