Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Dirilis, iPhone 8 Sudah Beredar di China

Kompas.com - 10/07/2017, 07:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Hingga saat ini, Apple belum menggelar acara peluncurkan atau sekadar mengumumkan kehadiran iPhone 8. Anehnya, smartphone tersebut sudah lebih dulu dijual di China.

Seperti yang telah diduga, iPhone 8 tersebut ternyata produk palsu alias replika. Perangkat tersebut tidak benar-benar dibuat oleh Apple.

Meski begitu, desain dari replika iPhone 8 tersebut sebenarnya cukup baik. Kemasan penjualannya mencantumkan nama “iPhone” yang dicetak menggunakan font San Francisco, mirip seperti aslinya. Ada juga nomer model dan keterangan “Designed by Apple in California”.

iPhone 8 palsu ini juga hadir dengan kamera ganda di bagian belakangnya. iPhone 8 memang dirumorkan bakal hadir dengan konfigurasi kamera seperti itu.

Kendati demikian, bukan berarti produk palsu asal China ini sanggup meniru keseluruhan detail yang biasa disajikan Apple. Bila pengguna jeli, keterangan yang disajikan di kemasan penjualan pun memiliki perbedaan tata letak dibandingkan dengan kemasan penjualan iPhone orisinal.

Setelah kemasan tersebut dibuka, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Shanghaiist, Senin (10/7/2017), bisa terlihat lebih jelas kepalsuan iPhone 8 buatan China itu.

Biasanya, Apple selalu menyertakan stiker logonya dalam kemasan pembelian produk buatan mereka. Tapi stiker tersebut tidak akan ditemukan di versi China ini.

Saat dinyalakan, akan terlihat bahwa layar iPhone 8 palsu ini tidak memenuhi bagian depan. Pada bagian atas dan bawah terdapat sebuah potongan berwarna hitam, sehingga membuatnya berbeda jauh dibandingkan dengan bocoran informasi mengenai iPhone 8 yang selama ini beredar.

Sistem operasi yang digunakan pun berupa Android 6.0. Tampilannya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mirip dengan sistem operasi iOS.

Baca: Dummy iPhone 8 Nongol di Video, Seperti Apa Bentuknya?

Akun YouTube EverythingApplePro berhasil mendapatkan dan menjajal iPhone 8 palsu tersebut, serta membuat videonya. Lebih lengkapnya, dapat disaksikan melalui video di bawah atau melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com